Sedekah

Kapan Waktu Terbaik untuk Tunaikan Sedekah Subuh

waktu terbaik sedekah subuh

Sedekah merupakan salah satu amalan yang sangat disukai oleh Allah SWT. Menurut KBBI, sedekah adalah pemberian sesuatu kepada fakir miskin atau yang berhak menerimanya, di luar kewajiban zakat dan zakat fitrah. Selain menjadi media berbagi pada sesama, sedekah juga merupakan bentuk rasa syukur kita pada Allah SWT yang telah memberikan kita rezeki. Tak hanya dalam agama islam saja, sedekah juga menjadi ibadah wajib di agama lainnya.

Jika berbicara mengenai ibadah yang mudah dilaksanakan, maka sedekahlah jawabannya. Hal itu dikarenakan sedekah dapat dilaksanakan kapan saja dan di mana saja, tidak terikat waktu seperti kebanyakan jenis ibadah lainnya. Namun, rupanya ada satu waktu paling utama untuk menunaikan sedekah loh. Hal tersebut dijelaskan dalam sebuah hadist yang berbunyi:

Tidak ada satu subuh pun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu di antara keduanya berdoa: Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfak, sedangkan yang satu lagi berdoa: Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan (hartanya).” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dari hadist tersebut maka dapat kita tarik kesimpulan bahwa waktu terbaik untuk bersedekah adalah saat subuh. Subuh? Setelah shalat? Atau sebelum adzan? Tuntaskan rasa penasaran, simak penjelasan di bawah ini yuk!

1. Waktu terbaik tunaikan sedekah subuh adalah setelah shalat subuh

Menurut Ahmad Mudzakir, S.Pd, M. Si. dalam bukunya yang berjudul Sapu Jagat Keberuntungannya, waktu terbaik untuk tunaikan sedekah subuh adalah setelah melaksanakan ibadah shalat subuh dan sebelum matahari terbit. Sebab, jangan sampai karena kita sibuk mempersiapkan diri untuk melaksanakan sedekah subuh, maka kita menjadi lalai terhadap kewajiban shalat subuh.

Apabila melaksanakan shalat subuh di masjid, kamu dapat bersedekah melalui kotak infak yang biasanya disediakan di masjid. Namun, jika tidak menemukan media atau orang yang tepat untuk disedekahi di waktu subuh, kamu bisa memanfaatkan platform sedekah online yang kini hadir dan memudahkan kita untuk bersedekah, seperti salah satunya Bantu Tetangga.

2. Sedekah subuh tak selalu harus berupa uang

Kita seringkali mengartikan bahwa sedekah harus disalurkan dalam bentuk uang kepada orang yang membutuhkan. Padahal, sedekah sendiri bisa dilaksanakan dalam bentuk lain. Seperti membantu orang tua, mengirimkan makanan pada tetangga, kerja bakti di lingkungan rumah, dan kebaikan lainnya.

Begitupun dengan sedekah subuh, tak harus selalu disalurkan dalam bentu uang, sedekah subuh juga bisa disalurkan dengan bentuk lain. Contoh kecil adalah membuatkan kedua orang tua sarapan. Selain menjadi pahala, kegiatan tersebut dapat mendatangkan rasa bahagia pada kedua orang tuamu serta memupuk kepekaan dan rasa kepedulian terhadap orang tua. Namun, jika kamu memiliki sejumlah uang untuk disedekahkan, tentu saja, tak perlu ragu untuk memberikannya pada tiap-tiap yang membutuhkan.

Baca Juga: Tips Membuat Donasi Online

3. Sedekah subuh dapat menggugurkan dosa dan membuka pintu surga

Pada waktu subuh, Allah menurunkan dua malaikat ke bumi. Sebagaimana yang telah disebutkan oleh hadits di atas, akan ada dua malaikat yang mendoakan seseorang di waktu subuh. Malaikat yang satu akan mendoakan kebaikan bagi yang senantiasa menunaikan sedekah, sementara satunya lagi akan mendoakan keburukan bagi umat yang berbuat batil atau menahan hartanya untuk disedekahkan.

Doa-doa baik dari malaikat tersebut dapat mendatangkan kebaikan pula, seperti salah satunya pengampunan dosa. Oleh karenanya, semakin banyak kamu melaksanakan sedekah subuh maka Insya Allah semakin dekat juga kamu dengan pintu surga.

Bukan mengurangi harta, sedekah justru akan semakin mendatangkan rezeki lainnya bagi kita. Allah akan mengganti dengan imbalan yang berlipat-lipat ganti untuk setiap rezeki yang disedekahkan. Hal tersebut dijelaskan dalam QS. Saba’: 39 “Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya.” dan HR. Bukhari, no. 5352 dan Muslim, no. 993  “Allah Ta’ala berfirman: Bersedekahlah–wahai anak Adam–, Aku akan membalas sedekah kalian.”. Jadi jangan pernah ragu untuk tunaikan sedekah subuh ya #TetanggaBaik.

Nah, sekarang kamu sudah tau waktu terbaik untuk tunaikan sedekah subuh. Bagaimana? Siap mengamalkannya? Yuk, tunaikan sedekah subuh bersama Bantu Tetangga. Klik untuk sedekah sekarang!