Sedekah

10 Hikmah dan Keutamaan Sedekah Subuh

hikmah sedekah subuh

Salah satu waktu yang dianjurkan adalah saat subuh atau sebelum matahari terbenam. Berdasarkan sabda Nabi Muhammad SAW, ketika kita bersedekah subuh maka ada dua malaikat yang ikut mendoakan amalan kita. Tidak hanya itu, ada banyak hikmah atau manfaat yang bisa didapatkan apabila kita melaksanakan amalan ini. Berikut adalah 10 hikmah sedekah subuh yang sayang untuk dilewatkan: 

1. Kesempatan Membuka Pintu Rezeki

Tetangga Baik merasa rezekinya sedang seret? Sedekah subuh bisa menjadi solusinya. Semakin kita sering melakukan sedekah subuh, maka semakin banyak kesempatan kita untuk mendapatkan rezeki dari Allah SWT. Hal ini berdasarkan sabda Nabi Muhammad SAW dalam hadits yang diriwayatkan oleh Al-Baihaqi, ”Turunkanlah rezekimu (dari Allah) dengan mengeluarkan sedekah.” Tercantum pula dalam salah satu hadits Qudsi, Allah berfirman : “Hai anak Adam. Infaklah, niscaya Aku akan memberikan nafkah kepadamu.” (HR. Muslim).

Tentunya, rezeki tidak selalu berbentuk harta. Termasuk diberikan kesehatan, umur yang panjang, dan juga dimudahkan urusannya juga termasuk rezeki.

2. Diberikan Ketenangan

Di tengah kehidupan dan pusaran masalah yang semakin runyam, ada kalanya kita membutuhkan waktu untuk sendiri, mencari ketenangan. Entah dengan pergi ke tempat wisata, jalan-jalan di alam, atau bertemu dengan orang-orang tersayang. Namun, ternyata sedekah subuh juga bisa membuat hati kita tenang. Sesuai dengan firman Allah dalam Qur’an Surat Al-Hasyr ayat 9: “Dan siapa yang dipelihara dari kekikiran dirinya, mereka itulah orang-orang yang beruntung.”

3. Mensucikan Harta dan Jiwa 

Tidak dapat dipungkiri, sebagai seorang manusia tentu kita penuh dengan salah dan khilaf. Termasuk dalam pekerjaan. Jika Tetangga Baik adalah seorang pedagang, tentu ada potensi untuk melakukan kesalahan atau lupa. Maka untuk menyucikan harta sekaligus jiwa dan hati kita, bisa dilakukan dengan cara sedekah subuh. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW, ”Wahai para pedagang, sesungguhnya (pada) perdagangan ini terjadi kesalahan dan sumpah, maka campurilah dengan sedekah.” (Hadits Riwayat Ahmad).

4. Pahala Dilipatgandakan 

Jangan samakan ‘matematika’ manusia dengan ‘matematika’ atau perhitungan Allah. Harta yang kita sedekahkan, bukan satu dibalas satu, tapi satu dibalas berkali-kali lipat. Sebagaimana firman Allah dalam Quran Surah Al-Baqarah ayat 261: “Perumpamaan orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan 7 bulir, pada tiap-tiap bulir 100 biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.”

5. Mencegah Kematian yang Buruk (Su’ul Khotimah) 

Siapa yang tidak mengharapkan kematian yang baik (husnul khotimah)? Tentu semua orang memimpikannya. Alangkah ruginya jika kita sudah berusaha menjadi orang baik selama di dunia, namun naudzubillah di saat-saat terkahir kita justru menjadi orang yang tidak baik. Sedekah subuh dapat menghindarkan kita dari hal tersebut. 

Seperti yang disampaikan oleh Ibnul Qoyyim: “Sungguh bersedekah itu mencegah kematian yang jelek. Mencegah bala’ sampai penggemar maksiat pun terjaga dari bala’ karena rajin bersedekah, menghapus dosa, menjaga harta, mendatangkan rezeki, membuat gembira hati dan menyebabkan hati yakin dan berbaik sangka kepada Allah SWT.”    

Baca Juga: 7 Keutamaan Sedekah Subuh yang Jarang Diketahui

6. Menyehatkan Badan

Sedekah subuh tidak hanya membuat pahala kita berlipat, tapi juga bisa membuat badan kita sehat. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW, ”Bersedekahlah kalian, meski hanya dengan sebiji kurma. Sebab, sedekah dapat memenuhi kebutuhan orang yang kelaparan dan memadamkan kesalahan, seperti halnya air mampu memadamkan api,” (HR Ahmad).

Tidak hanya terjamin oleh sabda Nabi, ternyata menurut penelitian hal ini juga dibenarkan. Kesimpulan tersebut didapatkan dari studi yang dilakukan oleh Department of Psychology University of British Columbia. Menurut penelitian tersebut, rasa ingin memberi bisa mengubah otak menjadi lebih ramah serta lebih aktif kepada orang lain, serta membuat mood jadi lebih baik setiap hari.

Selain itu, sedekah juga dapat memberi manfaat lainnya pada kesehatan, seperti mengurangi gejala depresi, memperlambat proses penuaan, mengurangi rasa sakit karena migrain, dan bisa meningkatkan perasaan positif terhadap orang lain. Wah luar biasa sekali ya Tetangga Baik, manfaat dari sedekah ini. 

7. Menutup Pintu Kejahatan

Kejahatan dan musibah dapat terjadi di mana saja, kapan saja, dan pada siapa saja. Apabila persiapan kita sudah matang pun, tidak menutup kemungkinan kejahatan dan musibah itu juga bisa menimpa kita. Tahukah, Tetangga Baik? Sedekah subuh ternyata dapat menjadi sebab kita terhindar dari musibah. Sesuai dengan dua sabda Nabi berikut ini: 

“Bersegeralah untuk bersedekah, karena musibah dan bencana tidak bisa mendahului sedekah.” 

“Sedekah itu menutup 70 pintu kejahatan.”

Sudah dapat pahala berkali-kali lipat, bisa membuat badan kita sehat, kita juga dijauhkan dari musibah dan marabahaya. Lengkap sekali ya, Tetangga Baik .

Demikian 7 hikmah yang bisa kita dapatkan apabila kita melaksanakan amalan sedekah subuh. Banyak sekali manfaat-manfaat yang kita terima, asalkan didasari dengan niat yang ikhlas  tanpa mengharapkan apapun selain ridho dari Allah SWT. 

Semoga kita menjadi manusia yang gemar bersedekah dan istiqomah dalam menebarkan kebaikan kepada sesama. Tetangga Baik dapat menyalurkan kebaikan pertama melalui platform galang dana online Bantutetangga.com.

sedekah subuh