Inspiratif

5 Hal yang Harus Dilakukan Ketika Sedang Melihat Tetangga Kesusahan

membantu tetangga

Bantutetangga.com – Manusia sebagai makhluk sosial sudah seharusnya menjalin hubungan yang baik dengan tetangga di sekitarnya. Oleh karena itu, diperlukan berbagai cara untuk menjaga hubungan baik itu yaitu dengan membantu tetangga.

Biasanya hal ini dapat diperoleh dengan kepedulian kita ketika sedang melihat tetangga kesusahan dan membantu mereka dengan kapasitas yang kita miliki.

Perilaku menolong menurut Sarwono dan Meinarno (2009) adalah sebuah tindakan yang dilakukan oleh seseorang yang bertujuan untuk memberikan pertolongan pada orang lain tanpa adanya keuntungan bagi si penolong. Perilaku menolong ini bisa kita aplikasikan dengan cara membantu tetangga di sekitar kita.

Baca juga : 7 Manfaat Bantu Tetangga saat Kesusahan

Dalam kehidupan bertetangga, seringkali kita melihat tetangga kita yang kesusahan. Bagaimana seharusnya sikap kita ketika melihat itu? Berikut tiga hal yang bisa kamu lakukan untuk membantu tetangga

1.Memberikan Baju Bekas

Kita mungkin memiliki banyak baju yang tidak terpakai karena ukurannya sudah tidak sesuai dengan badan kita. Daripada ditumpuk di rumah, alangkah baiknya baju-baju itu disumbangkan selagi masih layak untuk digunakan. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk tetangga kita, terlebih tetangga yang sangat jarang membeli baju baru.

Selain memberikan baju santai, Tetangga Baik juga bisa memberikan baju tidur, baju main, atau baju seragam sekolah yang dibutuhkan oleh tetangga kita.

2.Mengajari Materi Pelajaran

Biasanya tetangga kita memiliki anak yang usianya tidak beda jauh dengan anak kita. Jika anak kita lebih senior di sekolahnya, ada baiknya kita mengajarkan materi pelajaran sekolah yang dirasa tetangga kita kesulitan menanganinya. Kita juga bisa mengajak anak kita untuk membantu mengajari materi pelajaran sekolah yang ia mampu kepada tetangga yang membutuhkan.

3.Mengantar ke Rumah Sakit

Dalam bertetangga, kadang kala ada tetangga kita yang tinggal sendiri dan sedang sakit. Sebagai tetangga yang baik, sebaiknya kita menjenguk tetangga itu dan bahkan mengantarkannya ke rumah sakit jika dibutuhkan. 

Ini akan sangat membantu tetangga kita dan bisa juga mempererat hubungan tali silaturahmi antar tetangga.

4.Kumpulkan Beberapa Tetangga untuk Makan Sesekali

Sesekali makan bersama tetangga dapat menjadi pilihan untuk mempererat hubungan. Selain itu, kegiatan masak-masak juga bisa dilakukan bersama sesuai dengan selera dan kesepakatan tetangga satu sama lain.

5.Menjaga Keamanan Rumah 

Pada suatu waktu, jika tetangga kita sedang pulang ke kampung halamannya, kita bisa menawarkan diri untuk membantu menjaga keamanan rumahnya. Dengan begitu, tetangga pasti akan sangat merasa terbantu karena keamanan rumahnya tetap terjaga selagi mereka jauh dari rumah. 

Sikap tolong-menolong dan membantu tetangga adalah salah satu implementasi dalam perwujudan Pancasila sila ke-2 yaitu kemanusiaan yang adil dan beradab. Untuk itu, wajib bagi kita mematuhi Pancasila demi menjaga keharmonisan dan kerukunan dalam bertetangga. 

Jangan lupa untuk diamalkan ya, Tetangga Baik!