Inspiratif

Manfaat Hidup Rukun yang Harus Diterapkan di Lingkungan Rumah dan Masyarakat

hidup rukun

Bantutetangga.com – Manusia sebagai makhluk sosial memiliki kecenderungan untuk dapat bertahan hidup dengan cara memiliki hubungan yang harmonis dengan manusia lainnya. Tak hanya itu, manusia juga cenderung menyukai hidup rukun baik di lingkungan rumah maupun di lingkungan masyarakat. Itulah salah satu tujuan sekaligus manfaat dari hidup rukun antar tetangga yaitu agar bisa bertahan hidup dan mencapai tujuan bersama.

Apa itu hidup rukun?

Sebelum membahas mengenai manfaat hidup rukun, alangkah baiknya kita memahami terlebih dahulu pengertian tentang hidup rukun. 

Hidup rukun adalah suatu pola hidup seorang individu atau kelompok yang saling menghormati satu sama lain dan saling menyayangi di antara sesama manusia. Penerapan hidup rukun yang dijalankan seseorang atau sekelompok orang akan menciptakan kualitas hubungan yang baik dan lingkungan yang harmonis antar manusia. 

Dengan menerapkan pola hidup rukun ini, akan tercipta pula ketentraman dan kedamaian antar individu maupun kelompok sehingga bisa saling memahami satu sama lain.

Apa saja nilai-nilai hidup rukun?

Beberapa nilai-nilai hidup rukun yang bisa kita dapatkan jika kita mempraktikkan pola hidup rukun dalam kehidupan bertetangga adalah sebagai berikut.

1.Nilai Kebersamaan

Hidup rukun akan menambah nilai kebersamaan dan kekompakan di dalam suatu kelompok. Pola hidup rukun dengan nilai kebersamaan menjadikan suatu kelompok akan merasakan senasib sepenanggungan dengan anggota lainnya.

Nah, Pak RT mengajak Tetangga Baik semua untuk tetap menjaga hidup rukun dengan nilai kebersamaan di lingkungan rumah sampai masyarakat ya. 

2.Nilai Kekuatan

Hidup rukun artinya menyatu untuk menciptakan kekuatan yang lebih besar. Dengan hidup rukun antar tetangga, individu atau kelompok di dalamnya dapat lebih kuat karena memiliki tujuan yang ingin dicapai bersama-sama.

Menurut Pak RT, kadang kalau hidup sendiri atau hidup tidak rukun, segala sesuatunya akan lebih susah. Tapi kalau dipikul bersama-sama akan menciptakan kekuatan lebih dari yang kita bayangkan. 

3.Toleransi Tinggi

Untuk dapat hidup rukun, seseorang atau kelompok orang harus memiliki sikap toleransi yang tinggi terhadap perbedaan. Jika tidak, hidup rukun yang diimpikan pasti tidak akan tercapai karena adanya perselisihan akibat tidak bisa menerima perbedaan.

4.Nilai Persatuan

Pola hidup rukun sangat melekat dengan nilai persatuan karena mengedepankan tujuan bersatu demi kepentingan bersama.

3. Nilai Asah, Asih, Asuh

Jika hidup rukun diimplementasikan dengan baik di lingkungan rumah dan masyarakat, akan tercipta nilai kebersamaan dengan belajar dan intelektualitas (asah), saling mencintai dan menyayangi (asih), dan mengayomi satu sama lain (asuh).

Jika Sudah Mempraktikkan Hidup Rukun, Apa Saja Manfaat yang Bisa Dirasakan?

I. Manfaat hidup rukun di lingkungan rumah

1.Menurunkan tingkat stres

Sebuah keluarga pasti memiliki kesibukannya masing-masing, terlebih jika sudah memiliki anak. Kedua orang tua harus bekerja dan tetap harus merawat anak dengan baik. Dengan tingkat kesibukan yang tinggi akan berpotensi meningkatkan tingkat stres dalam keluarga. Namun, hal ini bisa diminimalisir dengan hidup rukun dan memahami perannya masing-masing. Jadi manfaat hidup rukun di lingkungan rumah salah satunya adalah menurunkan tingkat stres.

2.Mencegah penuaan dini

Pola hidup rukun akan membuat suasana rumah menjadi positif dan harmonis sehingga tercipta obrolan ringan, hangat, dan candaan. Rutinitas yang membahagiakan dengan hidup rukun ini dapat mencegah penuaan dini dan orang tua akan terlihat awet muda.

3.Menyehatkan mental

Terbiasa dengan pola hidup rukun akan membangun mental yang sehat.

4.Menguatkan fisik

Pola hidup rukun juga ternyata bisa berpengaruh kepada kesehatan fisik. Orang yang memiliki mental sehat, terhindar dari stres, akan menjadi sugesti untuk tubuhnya agar semakin sehat dan kuat.

5.Membantu perkembangan otak anak

Keluarga yang rukun pasti memiliki kebiasaan-kebiasaan yang baik, terutama bagaimana orang tua mendidik anak di rumah. Hidup rukun dalam keluarga akan membantu perkembangan otak anak.

6.Memaksimalkan bakat anak

Selain mengembangkan otak anak, hidup rukun dalam keluarga juga akan memaksimalkan minat dan potensi anak agar tumbuh dengan optimal.

7.Bisa saling menghargai pendapat

Pola hidup rukun akan membangun kebiasaan anggota keluarga untuk saling menghargai pendapat yang berbeda antar keluarga.

8.Menciptakan keharmonisan dan perdamaian

Setelah bisa saling menghargai perbedaan pendapat, hidup rukun juga akan menciptakan keharmonisan dan perdamaian.

9.Menghindari konflik

Jika hidup rukun sudah dapat dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari, keluarga akan terhindar dari konflik yang tidak perlu. 

II. Manfaat hidup rukun di lingkungan masyarakat

1.Merasakan hidup yang lebih tenang

Jika kiita hidup rukun dalam bermasyarakat, hidup kita akan jauh lebih tenang karena terhindar dari konflik dengan tetangga kita. 

2.Hidup lebih mudah dengan saling membantu

Setiap manusia pasti membutuhkan hidup bersosialisasi karena membutuhkan orang lain. Dengan pola hidup rukun, hidup kita akan lebih mudah karena dapat saling membantu satu sama lain.

3.Tercipta lingkungan yang aman

Dengan hidup rukun di masyarakat, kita akan saling membantu untuk menjaga lingkungan rumah satu sama lain. Dengan begitu, kita merasa lebih tenang karena tercipta lingkungan yang aman. 

4.Masyarakat hidup dengan damai dan sejahtera

Selain terciptanya lingkungan yang aman, pola hidup rukun juga dapat menciptakan masyarakat hidup dengan damai dan sejahtera. 

5.Tali persaudaraan yang kuat

Jika sudah tercipta kehidupan masyarakat yang tenang, aman, damai dan sejahtera, otomatis pola hidup rukun akan menguatkan tali persaudaraan bermasyarakat satu sama lain.

6.Terhindar dari konflik

Semakin kuat tali persaudaraannya, masyarakat akan semakin dapat memahami satu sama lain sehingga akan terhindar dari konflik yang tidak perlu terjadi.

7.Tercipta masyarakat yang toleran

Jika seluruh aspek manfaat telah dirasakan dengan mengimplementasikan pola hidup rukun, maka akan tercipta masyarakat yang toleran terhadap perbedaan.

Nah, sekarang Tetangga Baik telah mengetahui manfaat hidup rukun di lingkungan rumah dan masyarakat. Jangan lupa untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari ya!

Salah satu contoh cara hidup rukun di masyarakat adalah dengan cara saling membantu antar tetangga dengan cara bersedekah. Sedekah ke tetangga dengan klik di sini. 

Baca juga : 11 Hadits tentang Tetangga, Kamu Sudah Lakukan Nomor Berapa?

Sumber:
https://www.gramedia.com/literasi/manfaat-hidup-rukun/
https://www.gurusiana.id/read/lilikmasrukhahmpd/article/saling-asah-asih-dan-asuh-653248
https://www.kompas.com/skola/read/2022/05/30/153000169/manfaat-hidup-rukun-beserta-contohnya?page=all