Zakat

7 Alasan Utama Kenapa Wajib Mengeluarkan Zakat Mal

Salah satu kewajiban umat muslim adalah membayar zakat mal. Hal tersebut termasuk dalam rukun Islam yang keempat. Harta diartikan dalam Islam adalah sesuatu yang bisa dimiliki serta digunakan untuk kebutuhan tertentu. Maka, zakat mal diartikan sebagai zakat yang dikenakan atas semua jenis harta, yang tentunya peruntukannya sesuai dengan ketentuan agama.

Ketentuan harta yang harus dizakatkan disebut dengan haul dan nisab. Haul merupakan kepemilikan harta yang sudah lewat 12 bulan tahun Hijriyah, sedangkan nisab adalah syarat minimal harta yang bisa dikategorikan sebagai wajib zakat. 

Orang yang sudah wajib mengeluarkan zakat disebut dengan muzakki. Adapun nantinya zakat yang ia keluarkan diberikan melalui badan amil zakat resmi, yang nantinya akan diserahkan kepada orang yang berhak menerima zakat atau disebut juga dengan mustahik.

Namun, apa yang membuat kita wajib mengeluarkan zakat? Berikut 7 alasan utama kenapa wajib mengeluarkan zakat mal.

1. Membersihkan Diri dari Dosa

Manusia tidak terlepas dari dosa, baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Alasan pertama kenapa kita wajib mengeluarkan zakat mal adalah agar dosa-dosa kita dibersihkan. Hal ini sesuai dengan Quran Surat At-Taubah ayat 103, yang artinya:

“Ambillah zakat dari Sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan serta mensucikan mereka dan doakanlah mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketentraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

2. Cara Bersyukur Kepada Allah 

Salah satu bentuk dari syukur atas segala pemberian dari Allah adalah dengan melaksanakan zakat mal. Syukur mampu membuat kita lebih bahagia dan lebih memaknai hal-hal kecil yang kita dapatkan. Selain itu, syukur juga menghindarkan kita dari sifat-sifat sombong. Karena dengan bersyukur, kita menjadi ingat bahwa semua yang kita dapatkan hanyalah titipan dari Allah, bukan milik kita. 

“Dan (ingatlah juga), tatkala Rabbmu memaklumkan, ”Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya adzab-Ku sangat pedih.” (Qur’an Surat Ibrahim ayat 7).

3. Menjalankan perintah Allah

Seperti dijelaskan di awal, mengeluarkan zakat mal adalah kewajiban bagi setiap muslim yang sudah mampu melaksanakannya. Hal tersebut sesuai dengan firman Allah dalam surat Al Baqarah ayat 23. 

“Dan dirikanlah sholat, tunaikanlah zakat dan rukuklah beserta orang-orang yang rukuk.” 

Selain itu sebagai seorang mukmin, menjalankan kewajiban zakat merupakan bentuk menghambakan diri kepada Allah. Zakat bukanlah pajak, tapi zakat merupakan perwujudan dari ketaatan ibadah kepada Allah demi meraih pahala serta balasan terbaik di sisi Allah SWT.

4. Membersihkan Hati Orang Miskin dari Iri kepada Orang Kaya

Tidak dapat dipungkiri iri dengki adalah dua sifat yang seringkali kita temui dalam kehidupan. Kita terkadang iri dan timbul rasa dengki serta hasad ketika melihat orang lain mendapatkan sesuatu yang lebih baik dari kita. Hal tersebut juga sangat bisa terjadi kepada orang-orang miskin yang timbul rasa dengkinya terhadap orang kaya.

Hal ini tentu menimbulkan permusuhan antara sesama muslim. Yang paling buruk bisa menyebabkan terputusnya tali persaudaraan.  Zakat mal bisa menjadi solusi praktis dalam mengatasi permasalahan tersebut. Pemerataan zakat untuk kaum muslim yang masuk dalam kategori fakir miskin dapat mengurangi ketimpangan sosial dan ekonomi di masyarakat.

5. Memperkuat Tali Persaudaraan

Menyambung poin di atas, zakat mal merupakan bagian utama dari solidaritas sosial yang berpijak pada pemenuhan kebutuhan dasar kehidupan seperti makanan, sandang, tempat tinggal, membayar hutang, membebaskan hamba sahaya agar mendapat kemerdekaannya, dan juga mengatasi permasalahan-permasalahan lain. 

Dengan terselesaikannya masalah-masalah tersebut, maka solidaritas antar kaum muslimin dapat terjalin dengan kuat. Sesuai dengan sabda Nabi Muhammad dalam salah satu hadits yang diriwayatkan Muslim:

“Perumpamaan orang-orang mukmin dalam sikap saling menyayangi, mengasihi, serta melindungi adalah seperti satu tubuh yang utuh, yang apabila ada salah satu bagian tubuh yang sakit maka anggota tubuh lainnya juga akan ikut merasakannya, dengan tidak tidur serta demam,” (HR Bukhari dan Muslim).

6. Pertumbuhan Ekonomi Islam

Dalam skala yang lebih luas, ternyata zakat bisa berdampak besar bagi perekonomian Islam. Zakat mal berpengaruh positif dalam mendorong gerak roda ekonomi Islam. Seperti halnya zakat yang bisa menghalangi adanya penumpukan harta hanya di orang-orang kaya saja. Keberadaan uang di kalangan anggota masyarakat bisa mendorongnya untuk membeli kebutuhan hidupnya sehingga daya beli masyarakat akan semakin meningkat. Keadaan ini pula juga bisa menghentikan pengangguran yang saat ini sudah merajalela.

Tetangga Baik, demikian adalah 6 alasan utama kenapa zakat wajib dikeluarkan oleh umat muslim. Zakat mal begitu penting dan berdampak luas, tidak hanya untuk individu tapi juga untuk masyarakat yang lebih luas. Bagi Tetangga Baik yang ingin menunaikan zakat, dapat melalui Bantutetangga.com, platform galang dana online yang terpercaya.

Sumber : 

https://kalam.sindonews.com/read/758305/69/7-alasan-mengapa-umat-islam-diwajibkan-membayar-zakat-mal-1651244684/20

https://news.act.id/berita/kenapa-harus-membayar-zakat-penghasilan-ini-alasannya

https://baznasgresik.com/zakat-dalam-islam-kedudukan-dan-tujuan-syarinya/

https://www.merdeka.com/jatim/niat-zakat-mal-beserta-hikmah-tujuan-dan-manfaatnyahikmah-tujuan-dan-manfaat-zakat-u-kln.html