Ramadhan

Inilah 5 Amalan Wajib Yang Dilakukan Selama Bulan Ramadhan

amalan bulan ramadhan

Bantutetangga.com – Tetangga Baik, bulan Ramadhan adalah kesempatan kita semua yang muslim untuk berlomba-lomba dalam kebaikan. Pada bulan ini, banyak amalan-amalan wajib yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan kualitas ibadah bahkan iman kita.

Puasa di bulan Ramadhan juga dikatakan pada suatu hadits merupakan tiang agama. Bunyinya adalah sebagai berikut:

“Islam dibangun atas lima, syahadat bahwa tidak ada tuhan selain Allah dan Muhammad adalah Rasulullah, menegakkan shalat, menunaikan zakat, pergi haji dan puasa Ramadhan.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Amalan Wajib Bulan Ramadhan

Berikut adalah amalan wajib di bulan Ramadhan yang perlu untuk kita lakukan:

1.Puasa

Berpuasa selama satu bulan penuh adalah kewajiban pada bulan ini. Tak hanya menahan lapar dan haus, puasa pada bulan Ramadhan juga untuk menahan hawa nafsu, seperti ghibah, marah, berbohong dan sebagainya.

Artinya, berpuasa di bulan Ramadhan kita melaksanakan puasa total atas semua nikmat, mata, telinga, lisan, tangan, kaki, dan anggota badan dari hawa nafsu dan perbuatan tercela.

2.Menyegerakan Berbuka Puasa

Hendaknya ketika adzan maghrib berkumandang, kita segerakan berbuka dengan makanan yang manis, seperti kurma. Atau jika tidak, kita bisa berbuka dengan minum air putih terlebih dahulu.

3.Shalat Tarawih

Jangan sampai kita ketinggalan shalat tarawih. Ibadah ini tak kalah utama dibanding ibadah lainnya di bulan Ramadhan. Tetangga baik bisa shalat tarawih berjamaah maupun mandiri di rumah.

4.Memperbanyak I’tikaf dan Membaca Al-Qur’an

Jika tak dapat melaksanakan i’tikaf selama satu bulan penuh, Tetangga Baik bisa melakukan i’tikaf pada 10 malam terakhir. Selain itu, jangan lupa untuk perbanyak membaca Al-Qur’an. Paling tidak sampai satu kali khatam seperti yang dianjurkan para ulama.

5.Bersedekah

Bersedekah dan mengeluarkan zakat, infaq dan lainnya akan mendatangkan pahala yang sangat besar di bulan ini. Keutamaannya berlipat ganda bahkan bisa dirasakan sampai nanti di akhirat. Jika ingin bersedekah, Tetangga Baik dapat klik di sini untuk membantu orang-orang yang membutuhkan.

Begitulah beberapa amalan wajib yang bisa kita amalkan di bulan yang penuh berkah ini. Semoga bulan Ramadhan ini menjadi ajang perubahan menuju yang lebih baik ya, Tetangga Baik.

Baca juga: Niat dan Doa Berbuka Puasa Ramadhan beserta Artinya

Sumber:

detik.com 
https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6021925/5-amalan-di-bulan-ramadhan-yang-sesuai-sunah-rasulullah-saw
harianjogja.com
https://news.harianjogja.com/read/2023/03/23/500/1129990/ini-10-amalan-terbaik-wajib-diketahui-bagi-yang-berpuasa-ramadan