Kesehatan

11 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Mental, Lengkap!

kesehatan mental

Bantutetangga.com – Banyak orang mengabaikan kesehatan mental. Padahal, kesehatan mental tidak kalah pentingnya dengan kesehatan fisik karena kesehatan mental juga memiliki peran besar dalam kehidupan. Kesehatan mental sebagai kemampuan diri sendiri untuk mengelola emosi dan menghadapi kesulitan-kesulitan yang dihadapi.

Menurut Center for Disease Control and Prevention, kesehatan mental mencakup kesejahteraan emosional, psikologis, dan sosial seseorang. Mental yang sehat akan membuat Tetangga Baik berpikir, merasakan, bertindak, dan merespon suatu hal dengan cara yang sehat.

Jika Tetangga Baik mengalami stres atau gangguan kesehatan mental, berikut beberapa cara sederhana untuk menjaga kesehatan mental.

1.Olahraga teratur

Olahraga teratur adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan mental kita. Tidak harus pergi ke gym setiap hari, 30 menit berjalan kaki setiap hari juga dapat dikatakan olahraga teratur. 

Ketika olahraga, tubuh kita akan melepaskan endorfin yang membantu meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres. Carilah cara-cara sederhana yang dapat menambah aktivitas olahraga, seperti naik tangga atau jalan kaki ke tempat-tempat dekat.

Olahraga bisa dilakukan di dalam atau luar ruangan. Namun, alangkah baiknya jika olahraga dilakukan di luar ruangan karena vitamin D dari paparan sinar matahari akan membantu meningkatkan serotonin–hormon penghasil perasaan bahagia di tubuh.

Dengan olahraga, tubuh kita akan terlihat sehat dan bugar sehingga bisa meningkatkan perasaan bahagia dan berpengaruh terhadap kesehatan mental kita. 

2.Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi dengan teratur, tapi tetap harus enak

Untuk menjaga kesehatan mental, cobalah untuk mengonsumsi buah, sayuran, dan makanan kaya asam lemak omega-3 seperti ikan salmon dan kacang-kacangan. 

Makanan yang mengandung omega-3 dapat berperan sebagai anti peradangan yang membantu meringankan depresi, meningkatkan suasana hati, dan mengembalikan integritas struktural pada sel-sel otak yang diperlukan untuk fungsi kognitif.

Selain mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, Tetangga Baik juga perlu untuk mengolah makanan itu menjadi hidangan yang lezat ya!

Karena makanan sehat aja belum cukup kalau kita mengkonsumsinya dengan terpaksa dan tidak bahagia. Makanan yang enak akan menyehatkan bagi otak juga.

Oh iya, jangan lupa untuk minum air mineral dalam jumlah cukup agar bisa selalu fokus dalam menjalankan aktivitas sehari-hari ya.

Jika sudah menerapkan konsumsi makanan dengan kebutuhan nutrisi yang cukup dan lezat, mental kita akan terjaga sepanjang hari!

3.Tidur yang cukup dan tepat waktu

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa kurangnya tidur memiliki efek yang signifikan terhadap penurunan suasana hati. Jadi, jangan disepelekan kebutuhan tidur yang cukup ya.

Pastikan tidur yang cukup selama 7-8 jam setiap malam dan hindari main handphone sebelum tidur ya. Tapi, tidur cukup saja masih kurang. Pastikan tidur cukup itu dilakukan tepat waktu ya dan hindari begadang terlalu sering agar kesehatan mental kita tetap terjaga. 

4.Terbukalah pada seseorang

Mengetahui bahwa kita dihargai oleh orang lain adalah penting untuk menjaga kesehatan mental kita agar dapat berpikir positif. Terbuka kepada orang lain membuat kita lebih mengenal diri sendiri dan berpikir lebih positif. 

Selain itu, terbuka pada seseorang dapat menenangkan sistem saraf dan mengurangi stres yang telah lama dipendam.

5.Latihan relaksasi

Latihan relaksasi untuk menjaga kesehatan mental dilakukan dengan yoga, mindfulness, meditasi, dan pernapasan dalam dapat. Kegiatan latihan relaksasi ini dapat mengurangi tingkat stres secara keseluruhan.

6.Katakan hal-hal positif pada diri sendiri

Cara kita berpikir tentang diri sendiri dapat memiliki efek yang kuat pada kejiwaan kita. Ini telah dibuktikan dalam banyak penelitian.

Jika kita mendefinisikan diri kita dengan negatif, maka kita akan merasakan efek negatif itu. Sebaliknya, jika kita mendefinisikan diri kita dengan positif, maka kita akan merasakan efek positifnya. 

Jadi, mengatakan hal-hal positif pada diri sendiri itu penting untuk menguatkan pandangan positif kita terhadap diri kita sendiri.

7.Menulis jurnal harian

Kesehatan mental bisa terjaga dengan menguraikan perasaan-perasaan kita dan tidak dipendam terlalu lama. Salah satu cara untuk menguraikannya adalah dengan menulis jurnal harian. 

Menulis jurnal secara rutin dapat membantu kita mengidentifikasi apa yang menyebabkan stres dan cemas. Setelah menyusun faktor penyebab kecemasan, Tetangga Baik bisa lebih mudah untuk mencari solusi atas masalah tersebut.

Masalah yang dapat diuraikan dapat segera diketahui solusinya sehingga kesehatan mental dapat terjaga.

8.Fokus pada satu hal pada satu waktu

Fokus kepada tujuan dapat melepaskan emosi negatif dari masa lalu yang membebani. Selain itu, mulai fokuslah pada satu hal sederhana yang saat ini sedang dilakukan misalnya mandi, makan siang, atau berjalan pulang. 

Fokus terhadap yang sedang dilakukan saat ini dapat mendistraksi kita pada overthinking yang berlebihan terhadap masa lalu atau kecemasan. 

9.Kurangi konsumsi kafein

Siapa dari Tetangga Baik yang konsumsi kopi dan teh berlebihan?

Perlu Tetangga Baik ketahui, kopi dan teh memiliki kandungan kafein yang dapat menjadi stimulan untuk meningkatkan kecemasan. Setiap tubuh memiliki batas toleransi masing-masing terhadap kafein. 

Apabila Tetangga Baik sering berdebar dan cemas setelah minum kopi atau teh, sebaiknya mulai sekarang dihindari ya. Menghindari konsumsi kopi dan teh adalah salah satu cara kita menjaga kesehatan mental. 

10.Terhubung dengan saudara, kerabat, atau tetangga tersayang

Bertemu dan berbicara dengan saudara, kerabat, atau tetangga tersayang dapat menjadi salah satu cara sederhana untuk menjaga kesehatan mental. 

Dengan bertemu orang tersayang, Tetangga Baik dapat mendapatkan sudut pandang baru untuk masalah atau kecemasan yang sedang dihadapi sehingga dapat menjaga kesehatan mental Tetangga Baik. 

11.Lakukan sesuatu untuk membantu orang lain

Penelitian menunjukkan bahwa membantu orang lain dapat meningkatkan citra positif kita tentang diri sendiri. Ini yang akan membuat kita menjadi seseorang dengan pikiran lebih positif dan bersyukur.

Makna yang ditemukan ketika kita membantu orang lain akan memperluas hidup kita dan salah satu cara untuk menjaga kesehatan mental kita.

Nah, membantu orang lain untuk menjaga kesehatan mental kita dapat dilakukan dengan cara sedekah untuk tetangga kita yang membutuhkan. Sedekah Tetangga Baik dapat dikirimkan melalui link ini ya. 

Baca juga : Penyebab Stunting pada Anak dan Pengaruhnya terhadap Kualitas Orang Indonesia

Sumber: halodoc.com, klinikpintar.id, health.kompas.com