Tentang Bangga

Bagaimana Cara Open Donasi di Bantu Tetangga

cara open donasi online

Hai Tetangga Baik! Banyak sekali dari kita yang sering sekali kebingungan ketika ingin membantu sesama di antara kita. Kemungkinan kesulitannya disebabkan karena terbatasnya informasi, relasi, ataupun donasi terutama ketika ingin membuat campaign atau open donasi. Kini para Tetangga Baik tidak perlu lagi kebingungan untuk mencari informasi, relasi, dan donasi karena Bantu Tetangga bisa memfasilitasi para Tetangga Baik untuk memenuhi keinginannya menolong sesama di daerahnya.

Bantu Tetangga adalah platform crowdfunding atau platform penghimpun dana/open donasi dengan banyak kategori. Kategori yang terdapat pada Bantu Tetangga yakni Apresiasi, Bantu Hewan, Ramadhan, Zakat, Pembangunan, Kesehatan, Pendidikan, dan lain-lain. Pada episode kali ini, Bantu Tetangga akan sharing terkait bagaimana cara open donasi di Bantutetangga.com. Simak caranya ya!

1. Mengakses  Web Bantu Tetangga

Pertama-tama kita perlu masuk ke website Bantu Tetangga (Bantutetangga.com). Untuk menggalang dana harus memiliki akun sebagai Penggalang Dana (Campaigner). Jika belum memiliki akun, maka Tetangga Baik harus membuat akun terlebih dahulu dengan mendaftarkan Email dan Nomor Handphone yang terhubung dengan Whatsapp.

Jika sudah memiliki akun, maka bisa langsung memilih opsi Galang Dana. Tetangga Baik dapat menggalang dana secara pribadi, komunitas, ataupun lembaga. Penggalang dana akan diarahkan pada hal-hal yang harus diperhatikan, seperti informasi program yang digalang lengkap dan akurat, data penerima manfaat lengkap dan dapat dipertanggung jawabkan, memastikan penerima manfaat sudah memberi izin publikasi, tujuan dan target penggalangan dana yang realistis dengan target, tidak menggalang dana untuk hal fiktif, tidak menggalang dana untuk membayar hutang pribadi dan tidak menggalang dana untuk mendanai aksi terorisme.

Selanjutnya penggalang dana akan diminta upload foto pribadi, KTP, dan pribadi memegang KTP. Ini untuk memudahkan verifikasi berkas diterima oleh pihak Bantutetangga.com dan cukup diisi sekali saja.

2. Mengisi Detail Data Penggalangan Dana

Pada tahap ini, para Tetangga Baik harus mengisi data seperti judul yang akan dibuat campaign, memilih kategori program, batas waktu, dan target donasi.

Masih di halaman yang sama, para Tetangga Baik juga perlu mengisi link donasi dan tujuan dari penggalangan dana. Maksud mengisi link donasi sendiri adalah sebagai kode untuk akses ke website menuju halaman campaign yang dibuat.

3. Mengisi Lokasi Penerima Manfaat

Selanjutnya, Tetangga Baik perlu mengakses data terkait penerima manfaat yang dibantu. Data ini diisi dengan detail mulai dari provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan alamat lengkap penerima manfaat. Sebagai contoh bisa dilihat yang tertera pda gambar. Alamat penerima harus lengkap dengan mencantumkan nama jalan, RT/RW, nomor rumah (bila ada), kelurahan, hingga kode pos.

4. Mengupload Foto

Pada tahap ketiga, para Tetangga Baik perlu mengupload foto yang nantinya berfungsi sebagai cover dari penggalangan dana yang dibuat. Foto yang diupload sebagai cover akan berpengaruh pada jumlah donasi karena hal pertama yang dilihat Tetangga Baik adalah cover.

4. Menulis Deskripsi Campaign

Tetangga Baik menuliskan deskripsi tentang campaign dan penerima manfaat. Tuliskan dengan lengkap kronologi kejadiannya dan alasan mengapa calon penerima manfaat perlu dibantu. Tetangga Baik perlu memperhatikan tulisan yang dibuat mulai dari tanda baca, penggunaan bahasa, serta penyusunan setiap kalimatnya agar mampu dimengerti calon donatur dan menghindari kesalahpahaman.

Konfirmasi

Tahap keempat yakni konfirmasi penerbitan penggalangan dana. Tetangga Baik dapat memilih apakah ingin mempublish penggalangan dana saat itu juga ataupun memilih publish di waktu lain karena beberapa pertimbangan.

Sebagai contoh bila tetangga baik mempublish di waktu lain, mengisi tanggalnya maka otomatis penggalangan dananya akan tersimpan sebagai draft dan rilis pada waktu yang telah ditentukan.

Tetangga Baik dapat memastikan keberhasilan publish penggalangan dana di menu utama website bagian profil, lalu klik bagian yang ditunjuk tanda panah.

Demikian tahapan demi tahapan terkait bagaimana cara open donasi di Bantu Tetangga. Jadi Tetangga Baik tidak perlu bingung harus open donasi ke mana dan bagaimana. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Tetangga Baik semua. Jika mengalami kendala terkait galang dana, hubungi kontak WhatsApp berikut.