Pendidikan

Gotong Royong Merupakan Salah Satu Pengamalan Pancasila ke Berapa? Simak Penjelasannya di Sini!

gotong royong

Bantutetangga.com – Mungkin banyak Tetangga Baik yang masih bingung kalau pelaksanaan gotong royong termasuk sila ke berapa. Pak RT akan membahas tuntas pada artikel ini bagaimana gotong royong merupakan pengamalan salah satu nilai dalam Pancasila.

Gotong royong dapat diartikan sebagai bahu membahu dan saling tolong menolong. Kegiatan gotong royong ini merupakan salah satu filsafat dasar dan ciri khas masyarakat Indonesia. Sejak dahulu, masyarakat Indonesia menyukai kegiatan gotong royong dalam menyelesaikan masalah bersama.

Jadi, gotong royong adalah kegiatan yang dilakukan bersama-sama secara sukarela agar kegiatan yang dikerjakan menjadi lebih mudah, lancar, dan ringan. Kegiatan gotong royong ini mencerminkan kebersamaan dalam masyarakat.

Pengertian Gotong Royong Menurut Para Ahli

Menurut Koentjaraningrat, gotong royong adalah suatu konsep yang erat sangkut pautnya dengan kehidupan masyarakat sebagai petani pada masyarakat agraris.

Adapun menurut Sakjoyo, gotong royong merupakan adat istiadat tolong menolong antara warga dalam berbagai aktivitas sosial, baik berdasarkan hubungan tetangga kekerabatan yang berdasarkan efisien yang sifatnya praktis dan ada pula aktivitas kerja sama yang lain. 

Mubyarto mengemukakan pengertian gotong royong dengan lebih singkat. Menurutnya, gotong royong adalah kegiatan bersama untuk mencapai tujuan bersama.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa gotong royong adalah kegiatan bersama masyarakat yang merupakan adat istiadat untuk tolong menolong antara warga dalam berbagai aktivitas sosial demi mencapai tujuan bersama. 

Nilai-Nilai Gotong Royong

Beberapa hal ini merupakan nilai-nilai yang terdapat dalam kegiatan gotong royong.

1.Kebersamaan

Dengan kegiatan gotong royong tercermin kebersamaan yang tumbuh dalam suatu lingkungan masyarakat.

2.Persatuan

Kebersamaan yang tercermin dalam kegiatan gotong royong melahirkan persatuan dalam masyarakat.

3.Rela berkorban

Gotong royong mengajarkan masyarakat untuk rela berkorban demi tujuan bersama. 

4.Tolong menolong

Tujuan gotong royong adalah untuk saling tolong menolong satu sama lain.

5.Sosialisasi

Gotong royong mengajarkan masyarakat agar menyadari bahwa manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain.

Gotong Royong dalam Pancasila

Pancasila memiliki nilai-nilai pedoman yang merupakan cerminan masyarakat Indonesia. Gotong royong dalam nilai-nilai Pancasila tercermin dalam setiap silanya secara inklusif. 

Misalnya, sila pertama Ketuhanan yang Maha Esa, gotong royong dapat bernilai ibadah untuk membantu meringankan beban sesama. Sila kedua, kemanusiaan yang adil dan beradab, gotong royong akan mengasah kemanusiaan masyarakat di kehidupan bertetangga.

Sila ketiga, persatuan Indonesia, kegiatan gotong royong menghasilkan kekompakan dan persatuan di masyarakat Indonesia. Sila keempat, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan, setiap gotong royong pasti diperlukan musyawarah untuk mencapai mufakat demi tujuan bersama.

Sila kelima, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, tujuan akhir dari gotong royong adalah mencapai tujuan bersama yaitu keadilan bagi masyarakat Indonesia.

Baca juga : Manfaat Hidup Rukun yang Harus Diterapkan di Lingkungan Rumah dan Masyarakat

Contoh Gotong Royong dalam Bertetangga di Indonesia

Tetangga Baik sudah memahami pengertian dan perwujudan nilai Pancasila dalam gotong royong.

Beberapa contoh gotong royong yang dapat diimplementasikan dalam kehidupan bertetangga adalah sebagai berikut:

  1. Menjenguk tetangga yang sakit
  2. Melayat tetangga yang meninggal, mendampingi dan membantu keluarga yang ditinggalkan
  3. Kerja bakti untuk membersihkan lingkungan bersama-sama
  4. Saling tolong menolong ketika ada tetangga yang kesulitan

Nah, sekarang Tetangga Baik sudah tahu bahwa gotong royong adalah salah satu filsafat dasar dan ciri khas masyarakat Indonesia dengan cerminan dari nilai-nilai Pancasila. Salah satu perwujudan gotong royong adalah membantu tetangga yang kesulitan.

Pak RT ada program Tetangga Bantu Tetangga sebagai bentuk upaya menggerakkan lagi kegiatan gotong royong ini. Konsepnya Pak RT mengakomodir agar tetangga bisa membantu tetangganya dengan saling berbagi. Jika ingin membantu dan membaca lebih lengkap bisa dibaca dengan klik di sini ya.

Sumber: detik.com, liputan6.com