Ramadhan

Keutamaan Bulan Ramadhan bagi Umat Islam

keutamaan bulan ramadhan

Bantutetangga.com – Tetangga Baik, tak terasa Bulan Ramadhan sudah di depan mata. Bulan ini merupakan momen istimewa khususnya bagi seluruh umat Islam di seluruh dunia. Banyak keutamaan yang bisa didapatkan pada bulan ini yang tak dimiliki bulan-bulan lainnya. Untuk itu, kali ini Pak RT akan membahas mengenai keutamaan Bulan Ramadhan bagi umat Islam.

Keutamaan pada Bulan Ramadhan dapat menjadi penyemangat dalam beribadah. Selain itu juga, sebagai momentum lebih mendekatkan diri dan meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT. 

Keutamaan Bulan Ramadhan

Setidaknya, ada 5 keutamaan pada Bulan Ramadhan ini bagi umat Islam. Berikut penjelasannya secara lengkap:

1.Bulan Pengampunan Dosa

Bulan Ramadhan menjadi kesempatan untuk bertaubat dan memohon ampun atas dosa-dosa yang telah lalu. 

Dengan berpuasa di Bulan Ramadhan, dosa-dosa kita otomatis akan diampuni. Hal ini sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW:

“Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah SWT, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.(HR. Bukhari dan Muslim).

Apabila kita berpuasa dengan ikhlas dengan sepenuh hati menahan lapar, haus, dan hawa nafsu maka dosa-dosa kita seakan dibakar dan dihilangkan. 

Selain waktu berpuasa dari terbit fajar sampai terbenamnya fajar, waktu shalat tarawih juga menjadi waktu pengampunan dosa di Bulan Ramadhan. Sebagaimana Nabi Muhammad SAW bersabda:

Barangsiapa yang berpuasa yang melakukan shalat malam pada bulan Ramadhan dengan penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah SWT, niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

2.Pahala Dilipatgandakan

Setiap ibadah yang dilakukan di bulan Ramadhan, pahalanya akan berlipat ganda. Begitu pula dengan amal-amal kebaikan yang kita lakukan. 

Hal ini juga sesuai pada sabda Rasulullah SAW yakni:

“Pahala umrah pada bulan Ramadhan menyamai pahala ibadah haji.” (HR. Bukhari dan Muslim).

3.Bulan Diturunkannya Al Quran

Ramadhan merupakan bulan diturunkannya Al Quran sebagai petunjuk bagi umat. 

Allah SWT berfirman dalam surat Al Baqarah:

“Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan petunjuk tersebut dan pembeda (antara yang benar dan yang batil)”. (QS. Al-Baqarah: 185).

Hal ini juga bersamaan dengan malam Lailatul Qadar, yang menjadikannya sebagai malam yang lebih baik dari 1000 bulan.

4.Sebagai Bagian Dari Rukun Islam

Puasa di bulan Ramadhan merupakan rukun Islam yang keempat. Keutamaan berpuasa di bulan Ramadhan juga dijelaskan pada ayat berikut:

“Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang didalamnya diturunkan al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan petunjuk tersebut dan pembeda (antara yang benar dan yang bathil). Karena itu, barang siapa di antara mereka yang menyaksikan (berada) di bulan itu, maka berpuasalah.” (QS. Al-Baqarah: 185).

5.Pintu Surga Dibuka Selebar-lebarnya

Bulan suci Ramadhan menjadi pertanda dibuka lebarnya pintu surga, sementara pintu neraka ditutup rapat dan setan-setan dibelenggu. Selain itu, Allah juga menjaga agar kita terhindar dari perilaku yang keji dan tercela. 

Itulah beberapa keutamaan yang bisa didapatkan di bulan Ramadhan. Tentunya, hal tersebut dapat dirasakan hanya oleh orang-orang yang menjalani ibadah puasa dengan sepenuh hati dan mengharapkan ampunan Allah SWT. Semoga kita termasuk yang dapat merasakan keutamaan Ramadhan ya, Tetangga Baik.

Baca juga : Niat dan Doa Berbuka Puasa Ramadhan beserta Artinya

Sumber: 
https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20220330121626-289-777885/keutamaan-dan-keistimewaan-ramadan-bagi-umat-islam
https://www.liputan6.com/islami/read/4525176/bulan-puasa-semakin-dekat-ketahui-10-keutamaan-ramadan-bagi-umat-islam