Tak Berkategori

Ternyata Ini Manfaat Hidup Rukun dalam Bertetangga

hidup rukun bertetangga

Hidup bersosial tentu tidak lepas dari keberagaman fisik, karakter, budaya, agama, dan suku. Begitu pula dalam kehidupan bermasyarakat atau lingkup kecilnya dalam bertetangga.

Meski banyak perbedaan satu sama lain, tapi nyatanya hal tersebut justru membuat warna baru dalam hidup kita. Jika, kita bisa menyikapinya dengan bijak dan menumbuhkan rasa toleransi serta hidup rukun dalam bertetangga.

Apalagi kita memiliki semboyan bersama: “Bhineka Tunggal Ika” yang memiliki arti walaupun berbeda-beda tetap satu jua. Dengan hidup rukun seseorang atau kelompok akan menjalin hubungan yang harmonis, sehingga tercipta lingkungan yang damai dan tenteram.

Ada banyak manfaat lainnya yang bisa kita rasakan jika hidup rukun dalam bertetangga. Apa saja itu? Silakan simak manfaat hidup rukun dalam bertetangga pada artikel kali ini. Mungkin saja Anda sudah merasakan beberapa di antaranya.

1. Masyarakat Lebih Toleran

Manfaat hidup rukun yang pertama adalah menciptakan rasa toleransi antar sesama, meski diterpa dengan isu yang paling sensitif sekalipun, seperti perbedaan agama, ras, dan suku. Jika dalam lingkup bertetangga kerukunan itu sudah terbina, perbedaan bukan menjadi bahan sulutan untuk perpecahan.

2. Hidup Lebih Mudah dengan Saling Membantu

Manfaat hidup rukun dengan tetangga akan menumbuhkan rasa saling tolong menolong. Apalagi bisa dikatakan tetangga merupakan ‘saudara’ terdekat kita karena saat kita terkena musibah, tetangga menjadi garda terdepan dalam membantu. Kita tak akan dibiarkan sendiri dalam menghadapi masalah.

Baca Juga: Jangan Sampai Salah! Begini Tata Cara dan Niat Shalat Idul Adha

3. Masyarakat Hidup dengan Sejahtera

Hidup rukun akan membuat masyarakatnya merasa nyaman dan bahagia. Mereka akan saling menguatkan satu sama lain. Sejahtera tak hanya diukur dari segi materi, tapi juga batin. Hidup rukun akan membentuk pribadi yang saling sejahtera menyejahterakan antar tetangganya.

4. Merasakan Hidup yang Lebih Tenang

Manfaat hidup rukun di masyarakat tentu akan membuat kita jauh lebih tenang. Sebab, kita mampu hidup berdampingan dengan tetangga secara harmonis. Kerukunan membuat kita saling menghormati dan menghargai satu sama lain.

5. Tali Persaudaraan yang Kuat

Manfaat hidup rukun akan semakin mempererat tali persaudaraan antar tetangga. Apalagi jika tetangga kita juga berasal dari perantauan yang jauh. Mereka akan merasa senasib sepenanggungan sebagai tetangga yang hidup di lingkungan tertentu. 

Baca Juga: Kapan Waktu Terbaik untuk Tunaikan Sedekah Subuh

6. Tercipta Lingkungan yang Aman

Manfaat hidup rukun akan membuat para tetangga menjadi saling peduli satu sama lain. Kepedulian ini juga akan berdampak saling jaga satu sama lain di lingkungan mereka. Contoh paling sederhananya, saat kita akan bepergian, lalu pamit dan menitipkan rumah ke tetangga, mereka dengan senang hati akan turut menjaga keamanan rumah kita. Bahkan, tetangga juga akan rutin mengabarkan bagaimana kondisi rumah saat kita tinggalkan.

Kerukunan di tengah bertetangga jjuga akan meningkatkan kepedulian satu sama lain karena merasa memiliki visi misi atau tujuan yang sama di lingkungan rumah.

7. Terhindar dari Konflik

Perbedaan yang muncul dalam hidup bertetangga sangat riskan dengan konflik dan pertikaian. Namun, dengan hidup rukun kita bisa menerima dan memahami satu sama lain, sehingga terhindar dari konflik yang serius. Kesejahteraan dan kedamaian dalam bermasyarakat sangat meminimalisir konflik diantara mereka.

Lantas, bagaimana contoh konkrit yang bisa kita terapkan agar bisa merasakan manfaat hidup rukun dalam bertetangga?

Meski berasal dari agama dan suku yang berbeda, masyarakat harus saling membantu dan menolong. Penerapan hidup rukun di dalam masyarakat dapat dilakukan dengan cara berikut:

  • Saling membantu dan menolong
  • Saling bekerja sama dalam menjaga kebersihan lingkungan
  • Saling bekerja sama dalam menjaga keamanan lingkungan.
  • Ikut dalam berbagai rapat desa 
  • Silaturahmi dengan tetangga  
  • Ikut kerja bakti 
  • Menjenguk warga yang sakit  
  • Membantu warga yang kena musibah 
  • Tidak menciptakan kegaduhan 

Nah, itulah manfaat hidup rukun bertetangga yang bisa kita rasakan jika kita menerapkan cara-cara hidup rukun. Dampaknya sangat besar bukan?

Jadi, jangan ragu lagi untuk bersikap baik dan rukun dengan orang lain. Hidup rukun ini juga tidak hanya kamu rasakan manfaatnya sekarang, tetapi di masa datang pola hidup rukun dengan lingkunganmu juga akan berdampak.

Apalagi sekarang banyak isu mengenai perpecahan, intoleransi, bahkan sampai ada yang tega menghabisi nyawa tetangganya hanya karena permasalahan sepele. Semoga kita semua bisa sama-sama menerapkan hidup rukun dalam bertetangga ya!

Selain memperluas khasahanmu dengan isu-isu toleransi, kamu juga bisa belajar bijak untuk menanggapi masalah toleransi yang sebenarnya sangat penting bagi bangsa Indonesia yang memiliki banyak perbedaan budaya dan agama.

Itulah pengertian, manfaat hingga contoh penerapan hidup rukun di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Jangan lupa untuk diterapkan ya!