Kesehatan

Kenapa Tabung Gas Bisa Meledak? Simak Penjelasan, Pencegahan, hingga Pertolongan Pertamanya di Sini

gas elpiji

Tetangga Baik di sini mungkin rata-rata sudah menggunakan kompor gas dibanding kompor minyak karena pemakaiannya lebih mudah. Namun, Pak RT mendengar kabar tetangga banyak yang terkena ledakan gas hingga mengakibatkan luka bakar.

Pada artikel kali ini, Pak RT mau menjelaskan penyebab tabung gas bisa meledak dan bagaimana pencegahannya. Tak hanya itu, Pak RT juga akan ulas jika sudah terjadi, bagaimana kita sebagai tetangga memberikan pertolongan pertama. 

Apa penyebab meledaknya gas elpiji?

Tabung gas meledak dapat meledak karena adanya penumpukan gas di udara akibat kebocoran gas. Adapun kebocoran gas dapat terjadi ketika selang dan keran penutup tabung tidak terpasang dengan rapat. Selain itu, kebocoran gas juga bisa terjadi akibat penggunaan selang yang tidak sesuai dengan standar keamanan yang dianjurkan. 

Faktor penyebab yang tidak kalah pentingnya kenapa tabung gas elpiji bisa meledak adalah karena dapur yang terlalu tertutup. Ketika terjadi kebocoran gas dan dapurnya tidak ada sirkulasi udara, gas akan tertahan di ruangan dan bercampur di udara sehingga menimbulkan ledakan. Gas yang terakumulasi di udara akan sangat sensitif dengan percikan api sehingga memicu ledakan yang sangat besar. 

Hal yang perlu kita ketahui juga adalah gas elpiji itu lebih berat daripada yang kita hirup di udara sehingga ia akan mengumpul di bawah. Jika ventilasi udara di bagian bawah kita tidak ada, maka ini yang menyebabkan gumpalan udara gas elpiji tidak bisa ke mana-mana hingga menyebabkan percikan api dan ledakan.

Bagaimana cara mencegah gas elpiji agar tidak meledak?

Setelah mengetahui penyebabnya, Tetangga Baik kurang lebih bisa menyimpulkan bagaimana cara pencegahannya agar gas elpiji tidak meledak. Berikut Pak RT bantu beberapa poin yang dapat dilakukan.

1.Gunakan peralatan yang sesuai standar SNI

Dalam hal ini, pastikan kompor, selang, dan regulator gas yang sudah terstandar SNI. Jangan tergiur dengan selang atau regulator lain yang tidak berstandar SNI meskipun harganya menggiurkan.

2.Perhatikan semua peralatan di dapur

Semua peralatan dapur harus dirawat dengan baik. Jangan sampai, ada masakan tumpah apalagi jika mengenai selang tabung gas. Jika ada makanan menempel, tikus akan menghampiri dan tentu saja itu lebih berbahaya.

3.Peralatan terkait tabung gas harus terpasang rapat-rapat

Setelah membeli peralatan berstandar SNI, pemasangan selang yang sesuai instruksi sampai rapat juga penting. Jika Tetangga Baik mendengar suara mendesis, berarti pemasangan selangnya belum rapat. Jika sudah diupayakan untuk rapat tetapi masih ada suara mendesis, Tetangga Baik bisa langsung mengganti regulatur tabung gas karena karet penahan gas mungkin sudah kendur.

4.Pastikan dapur memiliki ventilasi udara yang baik

Seperti kita ketahui, gas dari elpiji itu lebih berat dari yang kita hirup. Untuk memastikan udara yang kita hirup tidak bercampur dengan udara gas elpiji, diperlukan ventilasi dapur di bagian bawah agar udara gas elpiji dapat keluar.

5.Letakkan tabung gas agak jauh dari sumber panas

Jangan letakkan tabung gas sejajar atau di atas kompor. Simpan gas itu di bagian bawah dan agak jauh dari kompor untuk meminimalisir risiko ledakan.

6.Cek tenggat tanggal kadaluwarsa tabung gas

Tenggat tanggal kadaluwarsa tabung gas juga perlu diperhatikan untuk meminimalisir risiko dan mencegah terjadinya ledakan.

Jika ledakan gas itu terjadi, apa yang harus saya atau tetangga saya lakukan?

Sebelum terjadinya ledakan gas, sebagaimana telah dijelaskan biasanya ditandai dengan kebocoran gas LPG itu sendiri terlebih dahulu. Jika terjadi kebocoran gas, hal pertama yang dapat dilakukan adalah dengan membawa gas menuju ke alam terbuka sehingga gas yang ke luar tidak terjadi penumpukan.

Selama jauh dari percikan api sekecil apapun, ledakan gas yang besar dapat diminimalisir. Namun, jika ledakan gas itu terjadi, segera hubungi ambulance dan larikan ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan.

Tetangga Baik, ternyata penting banget ya untuk kita mengetahui tentang penyebab ledakan gas Elpiji agar bisa meminimalisir risiko. Namun, ada kabar sedih dari salah satu tetangga kita nih..

Namanya Sania. Adik kecil itu adalah korban dari ledakan gas elpiji dan sampai saat ini masih dalam proses pengobatan. Untuk mengetahui kisah lengkapnya bisa klik di sini ya.

Baca juga : 5 Hal yang Harus Dilakukan Ketika Sedang Melihat Tetangga Kesusahan

sumber: kompas.com, news.detik.com, jualelektronik.com