Ramadhan

Hal-hal yang Harus Dipersiapkan Menuju Bulan Ramadhan

persiapan ramadhan

Bantutetangga.com – Salam, Tetangga Baik. Bagaimana kabarmu? Semoga sehat selalu ya. Tak terasa, Bulan Ramadhan sudah di depan mata. Tetangga Baik sudah siap menyambutnya? Atau masih bingung harus menyiapkan apa saja? Tentunya Bulan Ramadhan tidak melulu hanya soal menahan lapar, haus, dan hawa nafsu saja.  Kali ini, Pak RT akan membahas hal-hal yang harus disiapkan menuju Bulan Ramadhan supaya kita bisa menjalani ibadah di bulan ini dengan lebih optimal.

Persiapan Ramadhan

Berikut adalah hal-hal yang bisa Tetangga Baik persiapkan untuk menyambut Bulan Ramadhan.

1.Perkuat Iman Dalam Diri Masing-masing

Terdengar sederhana, namun justru mempersiapkan iman adalah hal yang paling mendasar dan paling penting untuk menyambut Ramadhan. Tetangga Baik bisa memperkuat iman dengan melatih diri untuk menjauhi kebiasaan-kebiasaan buruk dan perbanyak amalan-amalan yang baik.

Tetangga Baik juga bisa mulai rajin melakukan sunnah seperti berinfaq, membantu sesama, dan amalan baik lain di luar kewajiban seperti shalat lima waktu.

2.Persiapkan Fisik Yang Prima Untuk Berpuasa

Tubuh yang sehat akan memaksimalkan ibadah puasa kita. Karena itu, mulai untuk mengkonsumsi makanan sehat dan bervitamin tinggi sehingga tak mudah sakit.

3.Perdalam Ilmu Pengetahuan Agama

Memperdalam ilmu agama juga merupakan hal yang perlu dipersiapkan. Sebenarnya hal ini setiap saat perlu dilakukan, namun tentunya momentum Ramadhan bisa jadi momen yang tepat untuk lebih memperdalam ilmu agama. Misalnya memahami apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama puasa. Hal ini bermanfaat agar ibadah puasa kita lebih optimal. 

4.Persiapkan Kebutuhan Ramadhan Sehari-hari

Sebelum mulai berpuasa dari terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari, umat muslim dianjurkan untuk melakukan santap sahur terlebih dahulu. Kebutuhan seperti sembako, makanan ringan, dan cemilan untuk berbuka perlu untuk kita siapkan. Selain itu, persiapan perlengkapan ibadah juga perlu dilakukan untuk menunjang keoptimalan ibadah kita.

5.Lunasi Hutang Puasa Tahun Lalu

Membayar hutang puasa harus dilakukan, khususnya bagi muslimah. Karena muslimah diberi keringanan untuk tidak melaksanakan puasa ketika sedang haid. Namun, puasanya perlu diganti di kemudian hari. Selain wanita, ada beberapa kategori khusus lain yang dibolehkan untuk tidak berpuasa, seperti orang tua renta, orang sakit parah, ibu hamil dan menyusui.

6.Mulai Melatih Diri Menahan Hawa Nafsu

Menahan hawa nafsu adalah salah satu syarat sah berpuasa. Namun terkadang hal ini luput saat kita berpuasa. Untuk itu, sebaiknya kita mulai latih diri kita untuk menahan diri dari sekarang

7.Perbanyak Perbuatan Baik

Bulan Ramadhan adalah saat yang tepat untuk berbuat baik. Karena, perbuatan baik nilai pahalanya akan dilipatgandakan di bulan ini. Misalnya bersedekah kepada mereka yang kurang mampu.

Banyak hal yang dapat kita persiapkan untuk menyambut Ramadhan. Poin utamanya adalah kita menyambutnya dengan sepenuh hati dan siap untuk memperbaiki diri. Semoga di Ramadhan kali ini, kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik ya, Tetangga Baik.

Baca juga: Niat dan Doa Berbuka Puasa Ramadhan beserta Artinya

Sumber:
https://www.tokopedia.com/blog/persiapan-menyambut-ramadan-slm/?utm_source=google&utm_medium=organic
https://yatimmandiri.org/blog/inspirasi/persiapan-menyambut-ramadhan/