Inspiratif

7 Manfaat Puasa Senin Kamis yang Jarang Diketahui

manfaat puasa senin kamis

Salah satu amalan yang memiliki banyak manfaatnya adalah puasa sunnah Senin Kamis. Tidak hanya untuk kebutuhan spiritual, manfaat puasa Senin Kamis lainnya yaitu untuk kesehatan dan menjadi amalan yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Manfaat Puasa Senin Kamis

Sebetulnya, ada dua jenis puasa dalam ajaran islam, yaitu puasa wajib dan juga puasa sunnah. Puasa wajib adalah puasa yang harus dilakukan oleh seluruh umat muslim, yaitu ketika Ramadhan tiba. Sedangkan puasa sunnah banyak macamnya, salah satunya yaitu puasa pada Hari Senin dan Hari Kamis. Berikut adalah 10 manfaat puasa Senin Kamis:

1. Hari Dikumpulkannya Amalan Manusia

Seperti kita ketahui, setiap amalan manusia pasti akan dipertanggungjawabkan. Selama manusia hidup, baik amalan baik atau buruk tetap akan dicatat oleh Malaikat Munkar dan Malaikat Nakir. Setelah dicatat, maka hasil catatan tersebut akan diberikan kepada Allah SWT. 

“Amal-amal manusia diperiksa di hadapan Allah di dalam setiap pekan dua kali, yaitu pada hari Kamis dan Senin. Maka semua hamba yang beriman terampuni dosanya, kecuali seorang hamba yang antara dia dan saudaranya terjadinya permusuhan,” (Hadits Riwayat Muslim).

2. Merupakan Hari Penting bagi Rasul

Selain itu, manfaat puasa hari Senin dan Kamis adalah menjadi hari penting untuk Rasul. Seperti halnya dijelaskan dalam hadits mengenai keistimewaan puasa Senin dan Kamis:

“Dari Abu Qatadah R.A yang mana sesungguhnya Rasulullah SAW ditanya tentang puasa Senin. Maka Rasulullah menjawab, ”Hari Senin merupakan hari lahirku, hari aku mulai diutus atau hari mulai diturunkannya wahyu,” (Hadits Riwayat Muslim). 

Hal yang sama juga berlaku untuk hari Kamis. Berikut adalah hadits yang diriwayatkan oleh Al Bukhari.

“Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam keluar pada Hari Kamis di peperangan Tabuk, dan (memang) beliau suka keluar (untuk melakukan perjalanan) pada Hari Kamis.”

Dari kedua hadits tersebut bisa diambil kesimpulan, bahwa hari Senin merupakan hari di mana Rasul dilahirkan, hari Rasul diutus menjadi nabi, serta hari pertama saat Rasul menerima wahyu pertama kali. 

3. Dapat Mengeluarkan Racun yang Mengendap di Dalam Tubuh

Tidak hanya dapat bermanfaat secara spiritual, manfaat puasa Senin Kamis adalah dalam faktor Kesehatan. Puasa Senin Kamis dapat membantu mengeluarkan racun yang mengendap di dalam tubuh. Racun yang dicampur dengan darah, lemak, atau bagian lainnya di dalam tubuh bisa dikeluarkan dengan cara berolahraga serta tidak mengonsumsi minuman serta makanan selama satu hari. Maka dari itu, puasa hari Senin dan Kamis dapat berfungsi untuk mengeluarkan racun secara efektif. 

4. Membantu Mengurangi Resiko Penyakit Diabetes 

Diabetes jika dibiarkan dapat menyebabkan kondisi kesehatan yang berbahaya bagi tubuh karena tubuh tidak lagi dapat memproduksi insulin. Padahal, hormon tersebut dibutuhkan tubuh untuk memecah karbohidrat dari makanan yang kita makan menjadi energi dalam bentuk glukosa. Diabetes juga dapat memicu penyakit yang berbahaya lainnya seperti stroke, serangan jantung, jantung koroner, dan penyempitan arteri. 

Menurut penelitian, orang yang seringkali menjalankan puasa secara rutin dapat mengalami penurunan gula darah hingga 6 persen. Maka dari itu, dengan rutin menjalankan puasa Senin Kamis dapat terhindar dari penyakit diabetes. 

5. Membuat Jiwa Lebih Bahagia dan Tenang 

Manfaat puasa Senin Kamis lainnya dapat kita rasakan juga dari sisi psikologis. Saat kita berpuasa, maka kita dituntut untuk tidak hanya menjaga nafsu kita, tapi juga pikiran dan perasaan seperti tidak boleh marah dan lain sebagainya. Saat perasaan dapat terkontrol dengan baik, maka jiwa pun menjadi lebih tenang. 

Selain itu, ketika seseorang berpuasa, maka akan mengeluarkan hormon endorfin lebih tinggi. Hormon tersebut berfungsi untuk meningkatkan rasa bahagia dan konsentrasi. Semakin sering berpuasa, maka semakin sering juga pikiran dan jiwa kita menjadi lebih tenang dan nyaman.

6. Menjadi ‘Masker Alami’ Untuk Kulit  

Siapa yang tak ingin tampil cantik atau tampan? Setiap orang pasti mendambakan memiliki kulit yang awet muda. Maka orang-orang berbondong-bondong menggunakan berbagai macam produk kecantikan dan melakukan perawatan. 

Perlu Tetangga Baik ketahui, ternyata manfaat puasa Senin Kamis juga bisa membuat sel-sel kulit bekerja lebih aktif karena pada saat itu metabolisme tubuh akan terhenti. Istilahnya adalah peremajaan kulit.  

7. Melatih Kedisiplinan 

Masih dalam aspek psikologis, puasa Senin Kamis ternyata dapat membuat kita lebih disiplin. Karena kita dituntut untuk berpuasa di hari yang biasanya kita tidak berpuasa. Apalagi tentu banyak sekali godaan dari teman-teman atau lingkungan di sekitar kita. Membiasakan diri untuk berpuasa, berarti membangun kebiasaan baik yang tadinya tampak sulit tapi lama kelamaan akan menjadi kebiasaan yang bermanfaat untuk kita

Tetangga Baik, ternyata begitu banyak manfaat puasa Senin Kamis yang bisa kita dapatkan. Tidak hanya dalam sisi spiritual yang ternyata mengandung banyak keutamaan, puasa Senin Kamis juga bermanfaat untuk kesehatan dan juga untuk kesehatan mental kita.

Referensi:

https://www.gramedia.com/literasi/keutamaan-puasa-senin-kamis/
https://www.idntimes.com/life/inspiration/rully-bunga/manfaat-puasa-senin-kamis?page=all
https://www.suara.com/news/2022/08/10/101214/14-manfaat-puasa-senin-kamis-tak-hanya-mendulang-pahala-tapi-juga-jaga-kesehatan