Inspiratif Sedekah

7 Keutamaan Sedekah Subuh yang Jarang Diketahui

keutamaan sedekah subuh

Sunnah yang dianjurkan dalam islam salah satunya adalah sedekah. Sedekah memiliki makna yang luas. Tidak hanya memberikan harta, tapi bisa juga memberikan pikiran, tenaga, atau bahkan senyuman. 

Di antara waktu-waktu yang dianjurkan ketika bersedekah adalah waktu subuh. Sayangnya, banyak orang yang belum mengerti tentang sedekah subuh ini. Padahal banyak sekali keutamaan-keutamaan yang bisa kita dapatkan ketika kita melakukan amalan ini. Berikut akan dijelaskan mengenai pengertian dan keutamaan sedekah subuh.

Pengertian Sedekah Subuh

Secara terminology, sedekah atau dalam Bahasa Arab disebut dengan shadaqah, adalah memberikan sesuatu semata-mata karena mengharapkan pahala dari Allah, dilakukan dengan ikhlas dan tanpa mengharapkan balasan apapun. Adapun secara etimologi, sedekah diartikan dengan pemberian yang disunahkan. 

Sedekah yang berbentuk harta umumnya akan diberikan kepada orang-orang fakir-miskin, orang yang membutuhkan, ataupun pihak-pihak yang memang berhak mendapatkannya. Dibandingkan dengan infaq ataupun zakat, sedekah ini memiliki makna yang lebih luas.

7 Keutamaan Sedekah Subuh

1. Menghapus Dosa-Dosa

Keutamaan sedekah subuh yang pertama adalah dapat menghapus dosa-dosa kita. Selain itu, hati menjadi lebih tenang bagi yang sedekah di waktu subuh. Hal tersebut sesuai dengan salah satu hadits yang diriwayatkan Tirmidzi:

“Sedekah dapat menghapuskan dosa sebagaimana air yang memadamkan api.”

2. Dijauhkan dari Neraka, Didekatkan pada Pintu Surga

Siapa yang tidak mau masuk surga? Menggapai ridho Allah dan masuk surga adalah tujuan utama mengapa kita hidup di dunia. Ternyata, keutamaan sedekah subuh yang lain adalah dapat mendekatkan kita dari pintu surga.

“Orang yang memberikan ataupun menyumbang harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh satu dari pintu surga, ”Wahai Hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan,” (HR. Bukhari dan Muslim).”

3. Didoakan oleh Malaikat

Keutamaan lain yang tidak kalah luar biasanya ketika melakukan amalan sedekah subuh adalah didoakan langsung oleh malaikat. Selain itu, rezeki juga akan semakin berkah serta lancar. Sebaliknya, bagi mereka yang enggan akan dipersulit rezekinya.

Hal ini sesuai dengan hadits berikut:

“Tidak ada satu Subuh pun yang dilalui Hamba-Hamba Allah kecuali turun kepada mereka 2 malaikat. Salah satunya berdoa, ”Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang-orang yang berinfak,” Sedangkan satu lainnya berdoa, ”Ya Allah, berikanlah kerusakan bagi orang-orang yang menahan hartanya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

4. Disembuhkan dari Penyakit

Sedekah subuh tidak hanya membuat harta kita menjadi berkah, tapi bisa juga menyembuhkan penyakit. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW dalam salah satu haditsnya:

”Bentengilah hartamu dengan zakat, obatilah orang-orang yang sakit (dari kalangan) dengan bersedekah dan persiapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana”. (HR. Ath-Thabrani).

5. Umur jadi Panjang dan Berkah

Siapa yang tidak mau panjang umurnya? Sedekah subuh ternyata dapat membuat umur kita menjadi lebih panjang sekaligus berkah. Sesuai dengan sabda baginda Rasulullah SAW:

”Sesungguhnya sedekahnya seorang muslim itu dapat menambah umurnya, mencegah kematian yang buruk (su’ul khotimah), Allah akan menghilangkan sifat sombong, kefakiran, dan sifat bangga pada diri sendiri,” (HR Thabrani).

Dari hadits tersebut, kita ketahui bahwa sedekah subuh juga dapat menghilangkan sifat-sifat buruk yang ada dalam diri kita.

6. Dijauhkan dari Bahaya 

Bahaya tentu bisa terjadi kapan dan di mana saja. Sebagai muslim, ada cara antisipasi terbaik agar kita terhindar dari bahaya, yaitu sedekah subuh. Sedekah subuh dapat menjadi penolak bala, menahan musibah yang terjadi dalam diri kita. Rasulullah SAW bersabda, ”Bersegeralah dalam bersedekah karena musibah dan juga bencana tidak dapat mendahului sedekah” (HR. At-Thabrani).

7. Dinaungi di Hari Kiamat

Saat hari akhir nanti, umat manusia akan dikumpulkan di padang mahsyar. Jarak matahari akan sangat dekat dengan kita. Kita juga tidak mengenakan alas kaki, tidak ada penutup badan, serta tanpa baju dan tanpa apapun yang melekat di tubuh kita.

Tidak bisa terbayangkan akan seperti apa panasnya. Ditambah tidak ada yang dapat melindungi kita. Namun hanya orang-orang pilihan lah yang akan dinaungi ketika tidak ada naungan apapun. Salah satunya adalah orang yang semasa hidupnya istiqomah dalam bersedekah.

Rasulullah SAW bersabda, ”Setiap orang itu akan berada di bawah naungan sedekahnya selama di padang mahsyar sampai ada keputusan untuk mereka, akan masuk surga atau neraka,” (HR. Ahmad).

Masyaallah ya, ternyata banyak sekali keutamaan-keutamaan yang bisa kita dapatkan dari sedekah subuh. Amalan yang sederhana namun memiliki banyak pahala.

Demikian keutamaan-keutamaan dari sedekah subuh. Semoga dengan artikel ini dapat membuat kita lebih semangat untuk bersedekah dan menggapai ridho-Nya. 

Saat ini, ada banyak cara yang bisa kita lakukan dalam melakukan sedekah subuh. Salah satunya melalui platform donasi online. Tetangga Baik dapat menyalurkan sedekah subuh melalui Bantutetangga.com, yang Insyaallah akan disalurkan kepada orang-orang yang membutuhkan dan berhak menerimanya.

Referensi

https:://id.theasianparent.com/sedekah-subuh

https://www.merdeka.com/jabar/pengertian-sedekah-yang-wajib-diketahui-berikut-manfaatnya-kln.html

https://kumparan.com/hijab-lifestyle/5-dahsyatnya-keutamaan-sedekah-subuh-1wnoCIsQekp/4