Inspiratif

Manfaat Hidup Rukun Dengan Tetangga

manfaat hidup rukun

Bantutetangga.com – Sebagai makhluk sosial, manusia cenderung untuk bertahan hidup dengan memiliki hubungan sosial antar manusia lainnya. Salah satu contohnya adalah dengan hidup rukun dengan masyarakat di lingkungan sekitar, seperti dengan tetangga. Hidup rukun dengan tetangga akan memberikan banyak manfaat baik bagi diri sendiri atau tetangga di sekitar kita.

Apa itu hidup rukun?

Sebelum membahas lebih jauh mengenai manfaatnya, sebaiknya kita mengetahui apa hidup rukun itu sendiri. 

Hidup rukun merupakan suatu pola hidup seorang individu atau kelompok, dimana adanya sikap saling menghormati satu sama lain dan saling menyayangi antar sesama manusia. Penerapan hidup rukun akan memberikan kualitas hubungan yang baik dan harmonis antar manusia.

Dengan menerapkan hidup rukun, akan tercipta ketentraman dan kedamaian antar individu maupun kelompok sehingga bisa saling memahami satu sama lain.

Manfaat hidup rukun dengan tetangga

Hidup rukun dengan tetangga tentunya memberikan banyak manfaat. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Terciptanya lingkungan yang aman

Adanya sikap saling peduli antar sesama tetangga, maka akan berdampak pada saling menjaganya tetangga satu sama lain.

2. Terhindar dari konflik

Dalam bertetangga, pasti banyak masyarakat yang memiliki berbagai latar belakang. Resiko untuk terjadi konflik pun menjadi sangat tinggi. Akan tetapi, dengan penerapan hidup rukun maka masyarakat dapat menerima dan memahami satu sama lain sehingga terhindar dari konflik.

3. Hidup tenang

Bertetangga dengan rukun dapat memberikan ketenangan dalam hidup. Adanya kerukunan akan menciptakan suasana masyarakat yang harmonis, saling menjaga, saling menghargai, dan juga saling menolong.

4. Hidup sejahtera

Rasa nyaman yang timbul dari hidup rukun akan memberikan kebahagiaan. Ketika salah satu keluarga tertimpa masalah, maka tetangga dapat saling membantu dan bergotong royong agar masalah tersebut dapat segera terselesaikan. Tingginya tingkat kerukunan dalam bertetangga dapat menentukan kesejahteraan suatu daerah.

5. Terciptanya rasa toleransi

Perbedaan akan selalu ada di dalam dunia bertetangga dan tentunya diperlukan sikap toleran. Dengan hidup rukun, maka kesadaran akan toleransi semakin tinggi. Dengan rasa toleransi, para tetangga tidak akan mudah terkena isu, bahkan yang sensitif sekalipun.

Itu dia beberapa manfaat hidup rukun dengan tetangga. Yuk, kita jadikan diri kita Tetangga Baik dengan mempelopori hidup rukun antar tetangga. Tentunya, hidup kita juga akan semakin bahagia ketika kita rukun dengan orang lain.

Baca juga: 5 Hal yang Harus Dilakukan Ketika Sedang Melihat Tetangga Kesusahan

Sumber: 
https://kumparan.com/berita-update/manfaat-hidup-rukun-dengan-tetangga-dan-lingkungan-sekitar-1wakCf8qlBc/full
https://katadata.co.id/safrezi/berita/6156a787efca4/5-manfaat-hidup-rukun-dengan-tetangga-sesuai-syariat-islam