Tetangga Baik

7 Manfaat Bantu Tetangga saat Kesusahan

Sebagai makhluk sosial, kita tidak dapat hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Maka dari itu, kita dianjurkan untuk saling membantu terhadap sesama manusia lain. Dengan membantu orang yang tengah mengalami kesusahan, kita telah melakukan kewajiban kita sebagai makhluk sosial dan tetangga yang baik

Terlebih, di masa pandemi Covid-19, banyak sekali orang yang membutuhkan pertolongan. Mulai dari orang-orang yang terkena PHK hingga ditinggalkan keluarga tersayang selamanya akibat Covid-19.

Membantu tetangga bukan hanya dalam bentuk materi, tapi juga dalam bentuk tenaga dan pikiran. Misalnya ketika ada sebuah keluarga yang sedang melakukan isolasi mandiri, sehingga tidak bisa dengan leluasa membeli obat atau makanan, kita bisa ikut berperan dalam membantu kebutuhannya. Meski bukan dengan uang, kita bisa menawarkan bantuan dengan jasa berupa membelikan apa saja daftar kebutuhan mereka. Berikut ulasanya untuk Anda:

1. Keberkahan Dalam Hidup Bisa Kamu Rasakan 

Ketika bisa membangun lingkungan yang sehat dengan menjaga hubungan baik dengan para tetangga dengan saling tolong menolong, maka siap-siap keberkahan akan menghiasi kehidupan Anda.

Dampak dari keberkahan ini akan terasa dengan tenangnya hidup kita dalam bertetangga. Tak ada rasa curiga satu sama lain, apalagi sampai bergunjing dan memfitnah. 

Sebab telah tercipta lingkungan yang aman dari tindak kejahatan. Ini merupakan bentuk dari saling menjaga dan mengasihi satu sama lain yang tertanam dengan kuat.

Dalam kehidupan bertetangga seperti itu, maka akan Allah limpahkan banyak keberkahan. Jadi, jangan pernah ragu untuk menjalin silaturahmi dan hubungan baik dengan para tetanggamu.

Baca Juga: 11 Hadits tentang Tetangga, Kamu Sudah Lakukan Nomor Berapa?

2. Menjadi Sosok yang Dicintai Banyak Orang

Manfaat selanjutnya dari membantu tetangga yang kesusahan adalah kita menjadi sosok yang dicintai banyak orang. Semakin kita membantu orang yang kesusahan, maka kita akan semakin dicintai banyak orang. 

Seperti dalam sebuah peribahasa: apa yang ditabur, itu maka kebaikan pula yang akan kita tuai dari orang lain.

Orang akan banyak mencintaimu dan akan banyak yang memperhatikanmu karena kebaikan yang tulus darimu. Terlebih jika kita tidak pernah menghitung-hitung bantuan yang sudah kita berikan kepada tetangga. Maka, saat giliran kita yang berada dalam kondisi kesusahan, tetangga akan dengan senang hati dan tulus membantu kita juga.

3. Terciptanya Persatuan dan Nilai Kebersamaan

Tetangga, siapa pun dia, latar belakang ataupun agamanya adalah karunia Allah SWT. Sebab, saat kita butuh bantuan, orang pertama yang akan kita datangi setelah keluarga adalah para tetangga yang hidup di sekitar rumah. 

Selain itu dengan saling membantu antar tetangga, maka akan tercipta kerukunan, persatuan, dan nilai kebersamaan. Andaikan saja terjadi permusuhan antar tetangga, pasti kita akan merasa tidak nyaman hidup di lingkungan tersebut, bukan?

4. Menghargai Perbedaan dan Belajar Toleransi

Dengan ragam perbedaan mulai dari suku, bahasa, agama, dan budaya, kita semua dipersatukan dalam Indonesia. Oleh karena itu, dengan membantu tetangga yang sedang kesusahan, apapun latar belakangnya kita bisa melatih diri untuk menghargai perbedaan dan lebih toleransi.

Baca Juga: Ternyata Ini Manfaat Hidup Rukun dalam Bertetangga

5. Hidup Jadi Lebih Tenang dan Tentram 

Coba bayangkan, jika kita terus memiliki masalah dengan tetangga, tentu hidup yang kita jalani akan sulit tenang dan tidak tentram. Apalagi, jika masalah itu sampai mengganggu ketenangan warga yang lain. Bisa jadi kita akan dikucilkan, atau bahkan diusir dari lingkungan tersebut.

Maka dari itu, pentingnya untuk kita selalu berbuat baik pada tetangga. Membantu tetangga dalam kesusahan menjadi salah satu cara untuk kita menumbuhkan rasa tenang dan tentram dalam hidup bertetangga.

Lebih baik kita fokus menyibukkan diri dengan menolong sesama daripada mencari masalah dengan orang lain, apalagi itu adalah tetanggamu sendiri. 

6. Hadirnya Lingkungan yang Sehat

Dengan rasa saling membantu antar tetangga, sangat memungkinkan bisa menciptakan lingkungan yang sehat, aman, damai, bahkan tidak ada warga yang akan kekurangan atau sampai kelaparan. Sebab para tetangganya, saling gotong royong untuk membantu sebisanya. Jadi tidak ada warga yang merasa ditelantarkan

7. Menumbuhkan Rasa Memiliki dan Gotong Royong

Jika hubungan yang baik telah terjalin sebab saling membantu antar tetangga, maka lingkungan akan lebih harmonis dengan kegiatan gotong royong.

Kegiatan gotong royong bisa dimulai dengan cara yang sederhana seperti membersihkan lingkungan bersama. Tak sekadar membersihkan lingkungan, bila ada acara antar tetangga, seperti hajat pernikahan, maka tetanggalah yang menjadi orang pertama memberi bantuan.

Itu tadi 7 manfaat yang bisa kita rasakan jika membantu tetangga yang sedang kesusahan. Semoga bisa kita aplikasikan bersama dalam kehidupan bertetangga. Sehingga bisa tercipta suasana dan kondisi yang nyaman, aman, tentram, bahagia, dan gotong royong di lingkungan rumah kita.