Inspiratif

5 Tips Aman Berdonasi Online Agar Tepat Sasaran

tips aman donasi online

Gotong royong menjadi budaya bangsa Indonesia yang sudah mendarah daging sejak dulu. Salah satu contohnya adalah berbagi kepada sesama yang membutuhkan. Bahkan, menurut laporan World Giving Index (WGI) yang dicetuskan oleh Charities Aid Foundation (CAF), Indonesia berhasil menempati peringkat pertama sebagai negara yang paling gemar berbagi dengan skor 69%. Naik dari tahun 2018 di mana saat itu Indonesia berhasil mendapatkan skor 59%.

Negara Paling Dermawan Sedunia

Dua kali menjadi peringkat pertama berturut-turut tentu bukan tanpa alasan. Menurut WGI, Indonesia menempati 2 peringkat teratas dari 3 indikator yang menjadi tolak ukur ditetapkannya sebagai negara paling dermawan sedunia, antara lain; kegiatan kerelawanan, menyumbang pada orang tidak dikenal, serta keikutsertaan dalam mengikuti kegiatan volunteer.

Hal ini ditambah dengan banyaknya platform yang menyediakan donasi online. Namun perlu dicatat bahwa tidak semua platform tersebut bisa dipercaya. Oleh karena itu, mari simak 5 tips aman berdonasi online agar dana yang Sahabat berikan bisa tepat sasaran: 

1. Kenali Terlebih Dahulu Lembaganya 

Seperti halnya bertemu orang baru, tentu akan bisa timbul rasa percaya apabila kita sudah mengenalnya dengan baik. Sebelum Sahabat memutuskan untuk donasi online, gali dan cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai lembaga tersebut. Apa nama lembaganya, di mana alamatnya, dan informasi-informasi penting lainnya. Jika ingin lebih yakin, lembaga yang kredibel biasanya memiliki website dan juga media sosial resmi. 

2. Pastikan Lembaga Punya Izin 

Pemerintah memiliki regulasi tersendiri dalam mengatur lembaga-lembaga yang mengumpulkan dana. Sahabat perlu mengetahui apakah lembaga tersebut memiliki payung hukum yang jelas. Umumnya perizinan lembaga didapatkan dari Kemenkumham atau dari Dinas Sosial.

3. Kenali Rekening Tujuan Donasi

Hal terpenting selanjutnya dalam tips aman donasi online agar tepat sasaran adalah, upayakan untuk mengecek informasi nomor rekening dari lembaga tujuan. Jika lembaga tersebut memang resmi dan terdaftar, biasanya memiliki nomor rekening atas nama lembaga yang bersangkutan. Hindari berdonasi ke nomor rekening pribadi karena hal itu sangat rawan untuk diselewengkan. 

4. Selalu Waspadai Phising dan Spam 

Di internet, phising ataupun spam kerap kali terjadi. Baik melalui iklan yang muncul secara pop-up, pesan email, dan lain sebagainya. Hal tersebut bisa juga datang dari website donasi online. Tak menutup kemungkinan ada website-website bodong yang mengarahkan kita untuk donasi online, padahal sebetulnya berisi virus yang berbahaya dan bisa jadi mengancam data diri kita.

5. Jangan Asal Memasukkan Data Pribadi

Sebagai donatur dari sebuah lembaga, Sahabat akan diminta data-data informasi diri. Hal tersebut bukan masalah karena untuk kebutuhan data mereka. Namun jika data-data yang diminta bersifat sangat personal maka Sahabat perlu waspada dan jangan asal memberikan. Umumnya, data yang diminta oleh lembaga adalah nama, nomor hp, dan juga alamat email. Hal ini untuk mencegah data Sahabat digunakan secara tidak benar oleh pihak-pihak tertentu. 

6. Lihat Update Media Sosial Lembaga Terkait 

Tips aman donasi online selanjutnya adalah selalu lihat media sosial mereka. Lembaga yang kredibel biasanya memiliki media sosial yang aktif. Baik berisi penyaluran-penyaluran program, maupun segala informasi tentang lembaga mereka. Sahabat juga bisa mengecek website lembaga tersebut apakah ada update dari program yang Sahabat bantu. Keaktifan media sosial bisa menjadi indikator bahwa lembaga tersebut memang ada dan juga menyalurkan bantuan sesuai dengan amanah dari para donaturnya.

7. Jangan Ragu Untuk Melaporkan Hal-Hal yang Mencurigakan

Jika dalam proses melakukan donasi online Sahabat merasa ada yang janggal ataupun meragukan, tapi sudah terlanjur transfer, maka Sahabat bisa melaporkan kejanggalan tersebut kepada pihak Bank. Jangan menunggu terlalu lama, karena sebagai upaya antisipasi dari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan.

8. Donasi Online Aman Melalui Bantu Tetangga

Bantu Tetangga adalah salah satu website galang dana online terpercaya yang sudah beroperasi sejak tahun 2020 lalu. Bantu Tetangga hadir sebagai jembatan untuk membantu orang-orang terdekat di sekitar Sahabat dengan cara mudah dan praktis. Saat ini sudah ada lebih dari 4.000 penerima manfaat yang merasakan manfaat dari donasi online Tetangga Baik.

Beberapa keunggulan yang dimiliki Bantu Tetangga antara lain; menghadirkan kemudahan dalam berdonasi dalam genggaman, metode pembayaran berdonasi yang variatif, dan juga bisa diakses oleh siapapun.

Sahabat juga tidak perlu ragu dan khawatir karena bisa melihat update program secara realtime di media sosial mereka, baik Instagram, Tiktok, Facebook, dan lain sebagainya. Demikian adalah 7 tips aman donasi online agar tepat sasaran. Dengan menemukan lembaga online yang terpercaya, Sahabat tidak perlu khawatir dan takut lagi dalam donasi online. Melalui Bantu Tetangga, Sahabat juga bisa berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat baik yang tinggal di daerah kota maupun yang tinggal di wilayah pedalaman Indonesia.

Referensi:

https://www.cermati.com/artikel/donasi-online-rawan-disalahgunakan-lakukan-ini-untuk-menghindarinya
https://bakti.id/tips-aman-sebelum-kirim-dana-di-situs-donasi-online/
https://www.kompasiana.com/ramdandandan/62a19ae3fca4e4638f328c72/cara-aman-donasi-online-agar-sedekah-tepat-sasaran?page=2&page_images=1
https://filantropi.or.id/indonesia-kembali-jadi-negara-paling-dermawan-di-dunia/
https://faspay.co.id/id/blog/tren-donasi-digital-meningkat-selama-pandemi/