Inspiratif

Dalil dan Keutamaan Shalat Dhuha Menurut Hadist

keutamaan shalat dhuha

Tetangga Baik, tahu nggak sih ternyata ada waktu-waktu lapang yang ketika kita mengerjakannya mendapatkan banyak pahala? Ya, salah satunya shalat dhuha, merupakan salah satu ibadah sunnah yang dapat dilakukan setelah 20 menit matahari terbit dan akhir waktu dari seperempat siang. Di antara waktu ini, Tetangga Baik diberikan kesempatan untuk shalat paling sedikit dua rakaat dan bisa lebih banyak dengan kelipatan yang sama.

Meluangkan waktu untuk melaksanakan shalat dhuha ternyata bisa memberikan banyak manfaat loh kepada kita. Berikut keutamaan-keutamaan yang kita dapatkan dari shalat dhuha:

1. Shalat Dhuha Sama Dengan Bersedekah

Keutamaan shalat dhuha yang pertama adalah sebagai tempat bersedekah. Tetangga Baik barangkali pernah mendengar bahwa setiap tubuh kita harus mengeluarkan setiap sedekahnya, seperti tahmid, tahlil, takbir, menyeru kebaikan, dan mencegah kemungkaran menjadi bagian dari sedekah. Hal itu ternyata bisa dilakukan pada saat shalat dhuha. Hal ini dibuktikan melalui dalil yang disampaikan pada hadist shohih yang berbunyi.

“Setiap ruas dari anggota tubuh di antara kalian pada pagi hari, harus dikeluarkan sedekahnya. Setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kebaikan adalah sedekah, dan mencegah kemungkaran adalah sedekah. Dan semua itu dapat disepadankan dengan mengerjakan shalat Dhuha dua rakaat.” (H.R. Muslim dari Abu Dzar).

Baca Juga : Kapan Waktu Terbaik untuk Tunaikan Sedekah Subuh

2. Shalat Dhuha Membuka Pintu Rezeki

Keutamaan shalat dhuha kedua yaitu salah satu pembuka pintu rezeki. Hal itu sesuai dengan janji Allah swt. yang disebutkan dalam salah satu hadits, yaitu:

“Allah ‘Azza wa Jalla berfirman: “Wahai Anak Adam, jangan sekali-kali kamu malas mengerjakan empat rakaat pada awal siang (sholat dhuha), nanti akan Aku cukupi kebutuhanmu pada akhirnya (sore hari).” (HR Daud, Ahmad, Tirmidzi).

Hal ini juga terbukti pada kisah Rasulullah SAW yang mengutus pasukan muslim untuk berperang melawan musuh Allah dan mereka memperoleh kemenangan yang gemilang, serta harta yang sangat banyak. Ketika banyak orang yang bertanya, “bagaimana cara kalian mendapatkan kemenangan dan harta tersebut?”

Kemudian disebutkan, “Barang siapa shalat Dhuha 2 rakaat, ia tidak akan termasuk golongan pelupa atau lalai. Barang siapa shalat Dhuha 4 rakaat, akan dimasukkan kepada golongan orang-orang yang taubat (kembali kepada Allah). Barangsiapa salat Dhuha 6 rakaat, akan dicukupi kebutuhannya hari itu. Barang siapa shalat Dhuha 8 rakaat, termasuk golongan hamba-hamba yang patuh. Dan barangsiapa shalat Dhuha 12 rakaat maka Allah akan membangun baginya rumah di surga.” (H.R. Thabrani dari Abu Darda’).

3. Shalat Dhuha sebagai Tempat Ampunan

Keutamaan shalat dhuha yang ketiga adalah sebagai tempat ampunan. Pada waktu-waktu inilah banyak doa diijabah dan dosa-dosa berguguran meskipun banyaknya seperti buih di lautan.

Seperti yang disebutkan dalam hadits yang bersumber dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa yang menjaga shalat Dhuha, maka dosa-dosanya akan diampuni walau sebanyak buih di lautan.” (H.R. Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad).

Baca Juga : 7 Keutamaan Sedekah Subuh yang Jarang Diketahui

4. Shalat Dhuha Membuat Wajah Berseri

Keutamaan keempat shalat dhuha adalah membuat wajah lebih berseri. Hal ini disebabkan karena orang yang rajin berwudhu senantiasa memancarkan cahaya pada wajahnya. Ketika Tetangga Baik melaksanakan shalat dhuha, tentunya air wudhu akan membasuh wajah kita, sehingga cahaya pun terpancar.

Kemudian, shalat sunnah seperti shalat dhuha dapat mencegah stres yang dapat menyebabkan wajah terlihat muram. Shalat dhuha secara rutin dapat menenangkan hati dan pikiran serta terus dekat dengan Allah swt. Dengan begitu, seseorang tidak mudah stress dan wajahnya tampak lebih berseri.

5. Shalat Dhuha Investasi Amal Cadangan

Keutamaan shalat dhuha lainnya dan tidak kalah penting adalah, shalat dhuha dapat menjadi investasi amal cadangan yang Tetangga Baik miliki. Ibarat kata dalam sebuah pertarungan, kita tentunya menyiapkan senjata cadangan yang menjadi “kojo” atau andalan kita saat bertarung. Begitu juga dalam ibadah, untuk mencapai akhirat, tentu diperlukan amalan cadangan lainnya yang mampu meningkatkan kualitas amalan dan ibadah kita.

Hal ini juga sesuai dengan hadist, Rasulullah SAW bersabda:

“Sesungguhnya yang pertama kali dihisab pada diri hampa pada hari kiamat dari amalannya adalah shalatnya. Apabila benar (salatnya) maka ia telah lulus dan beruntung, dan apabila rusak (salatnya) maka ia akan kecewa dan rugi. Jika terdapat kekurangan pada shalat wajibnya, maka Allah berfirman, ‘Perhatikanlah, jikalau hambaKu mempunyai shalat sunnah maka sempurnakanlah dengan shalat sunnahnya sekadar apa yang menjadi kekurangan pada shalat wajibnya. Jika selesai urusan shalat, barulah amalan lainnya.” (H.R. Ashabus Sunan dari Abu Hurairah RA).

Sedekah Subuhmu Sejahterakan Tetangga Dhuafa

Bagaimana Tetangga Baik, sudah siap mendapatkan kemuliaan berkat keutamaan shalat dhuha? Selain menambah amalan lewat shalat dhuha, Tetangga Baik juga bisa loh mulai mengeluarkan hartanya melalui sedekah subuh dengan cara klik di sini

Referensi:

https://www.liputan6.com/islami/read/4943358/10-keutamaan-sholat-dhuha-menurut-hadis-yang-sahih
https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5905888/berkah-salat-dhuha-diampuni-dosa-hingga-dicukupi-kebutuhan-hidupnya
https://iqra.republika.co.id/berita/q6gkkm320/jangan-lewatkan-sholat-dhuha-ini-hadishadis-keutamaannya
https://kalam.sindonews.com/surah/93/ad-duha