Ekonomi

Coba Kegiatan Ekonomi Ini di Masa Pandemi dan Resesi

kegiatan ekonomi saat resesi

Bantutetangga.com – Tetangga Baik pasti sudah tahu kalau di tahun 2023 ini santer isu mengenai resesi ekonomi. Jika isu ini benar terjadi, dampaknya tak main-main. Perusahaan besar pun bisa tumbang karenanya. Bahkan, kegiatan ekonomi pun akan terguncang hebat.

Dalam artikel ini, Pak RT akan bantu Tetangga Baik untuk tetap bisa melihat peluang kegiatan ekonomi lainnya yang bisa dicoba di masa pandemi dan resesi. Namun, sebelumnya, kita bahas dulu ya apa itu kegiatan ekonomi.

Definisi Kegiatan Ekonomi

Shutterstock keyword buying

Kegiatan ekonomi adalah perilaku atau tindakan manusia yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Kegiatan tersebut didasari oleh prinsip-prinsip ekonomi. Lantas, apa itu prinsip ekonomi? Prinsip ekonomi merupakan pilihan yang dibuat konsumen. Faktor dan perilaku konsumen sangat memengaruhi pilihan tersebut.

Nah, setelah mengetahui apa itu kegiatan dan prinsip ekonomi, kali ini Pak RT ingin menjelaskan seperti apa saja jenis kegiatan ekonomi. Jenis kegiatan ekonomi dibagi menjadi tiga, yakni kegiatan ekonomi produksi, kegiatan ekonomi distribusi, dan kegiatan ekonomi konsumsi.

Jenis Kegiatan Ekonomi

1.Kegiatan Ekonomi Produksi 

Kegiatan ini dilakukan oleh produsen untuk menghasilkan produk ataupun jasa. Tujuannya untuk mencari keuntungan dari usahanya yang diperlukan masyarakat. 

2.Kegiatan Ekonomi Distribusi

Dalam jenis kegiatan ekonomi ini, distributor menjadi pelaku kegiatan ekonomi yang memiliki peran untuk menyalurkan barang ataupun jasa dari produsen kepada konsumen. Ada tiga jenis distributor di antaranya retail, grosil, dan perantara.

3.Kegiatan Ekonomi Konsumsi  

Kegiatan ekonomi konsumsi bertujuan untuk menghabiskan nilai barang atau jasa yang sudah dibeli dan didapatkan secara perlahan ataupun langsung. Kegiatan ekonomi ini terbagi ke dua jenis, yakni produsen menjual langsung ke pembeli atau pembeli membeli di distributor. 

Kegiatan Ekonomi di Masa Pandemi dan Resesi

Meski isu resesi sempat membuat kita ketar-ketir, Pak RT mau kasih sedikit tips buat para Tetangga Baik, kegiatan ekonomi apa yang bisa Tetangga Baik coba di masa pandemi dan resesi tahun ini

Prediksi akan terjadinya resesi ekonomi di tahun 2023 sudah disampaikan oleh banyak ahli. Lantas, apa itu resesi ekonomi? 

Resesi ekonomi adalah kondisi ketika suatu negara mengalami perlambatan ekonomi yang ditandai dengan gelombang PHK, meningkatnya angka pengangguran dan sulitnya mencari lapangan kerja.  

Tak hanya itu, resesi ekonomi juga menyebabkan menurunnya daya beli masyarakat. Jangan khawatir, Pak RT akan bantu Tetangga Baik untuk bisa memilih kegiatan ekonomi yang paling menguntungkan di masa pandemi dan resesi.

1. Bisnis Makanan dan Minuman 

Bisnis makanan dan minuman merupakan salah satu kegiatan ekoni yang paling tahan resesi. Terbukti di masa pandemi Covid-19, kegiatan ekonomi melalui bisnis ini lebih bertahan lama dan terus diminati oleh masyarakat. 

2. Bisnis Thrifting

Jual barang bekas atau sisa impor yang reject atau tidak lolos QC bisa menjadi salah satu alternatif yang patut Tetangga Baik coba untuk kegiatan ekonomi di masa resepsi dan pandemi.

Barang thrift paling banyak dicari biasanya pakaian, sepatu, alat rumah tangga, dan elektronik. Barang-barang tersebut bisa Tetangga Baik jual lagi dan tentunya mendapatkan penghasilan yang menjanjikan.

3. Freelance

Jika dibandingkan dengan pekerjaan penuh waktu, kegiatan ekonomi melalui freelance jauh lebih menguntungkan bagi perusahaan maupun kita sebagai penyedia jasa.

Tetangga Baik bisa bekerja di mana pun dan kapanpun tanpa terikat waktu kerja. Tetangga Baik juga bisa menyesuaikan tarif jasa sesuai dengan kebutuhan klien.

4. Kebutuhan Anak 

Semua tentang kebutuhan anak sangat menarik bagi para orang tua. Terutama orang tua yang dua-duanya bekerja.

Jika Tetangga Baik membuka kegiatan ekonomi yang berkonsep pada penyedia kebutuhan anak, tentu minat konsumennya sudaj tersegmentasi dengan baik.

Beberapa kebutuhan anak yang bisa Anda akomodasi antara lain popok, susu, dan botol minum. 

Dalam sebuah survey di Amerika Serikat membuktikan selama pandemi Covid-19, total penjualan mainan anak-anak meningkat sebesar 27 persen. Hal ini pun terbukti dengan fakta bahwa orang tua memang lebih cenderung mengurangi pengeluaran lain, demi memenuhi kebutuhan anak. 

5. Bisnis Affiliate

Bagi Tetangga Baik yang ingin berwirausaha tapi tidak punya barang dan tempat yang besar, kegiatan ekonomi melalui bisnis affiliate menjasi salah satu cara yang bisa dicoba.

Hanya bermodalkan ponsel dan kreativitas mengedit konten, Tetangga Baik bisa mengajak orang lain untuk berbelanja lewat link yang dibagikan. Komisinya tidak main-main loh.

Tetangga Baik bisa mendapatkan komisi sebesar 30% untuk setiap website yang terjual. 

Semangat mencari kegiatan ekonomi yang positif ya. Semoga tips dari Pak RT bisa membantu para Tetangga Baik di sini. 

Baca juga : Bagaimana Cara Open Donasi di Bantu Tetangga