Sedekah

Keutamaan Sedekah Subuh di Hari Jumat

Pada hakikatnya sedekah merupakan suatu pemberian yang dilakukan seseorang pada kaum yang berhak di luar kewajiban zakat. Selain menjadi nilai pahala, sedekah juga merupakan sarana berbagi kebahagiaan pada sesama. Oleh karenanya, Allah SWT sangat menyukai hamba-hambanya yang senantiasa bersedekah. Allah berfirman dalam Al-Qur’an surat Al Baqarah ayat 254:

يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْۤا اَنْفِقُوْا مِمَّا رَزَقْنٰكُمْ مِّنْ قَبْلِ اَنْ يَّأْتِيَ يَوْمٌ لَّا بَيْعٌ فِيْهِ وَلَا خُلَّةٌ وَّلَا شَفَا عَةٌ ۗ وَا لْكٰفِرُوْنَ هُمُ الظّٰلِمُوْنَ

Artinya:
“Wahai orang-orang yang beriman, infakkanlah sebagian dari rezeki yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang hari ketika tidak ada lagi jual beli, tidak ada lagi persahabatan, dan tidak ada lagi syafaat. Orang-orang kafir itulah orang yang zalim.” QS Al-Baqarah:254

Agama islam mengajarkan umatnya untuk selalu berbuat baik. Salah satunya dengan cara mengorbankan harta benda yang dimiliki karena di dalam harta kita terdapat hak-hak anak yatim dhuafa yang sudah sepatutnya kita penuhi. Selain itu, sedekah juga merupakan bentuk rasa syukur atas nikmat yang diberikan Allah SWT pada kita.

Sedekah tidak memiliki batasan. Ini artinya, sedekah dapat dilakukan kapanpun, di manapun, dan dalam jumlah berapapun sesuai dengan keikhlasan hati. Namun begitu, dalam agama islam ada waktu yang memiliki keutamaan tersendiri untuk dijadikan momen bersedekah. Yaitu waktu subuh dan hari Jumat.

Wah, kira-kira kenapa ya waktu Subuh dan hari Jumat menjadi waktu paling istimewa untuk menunaikan sedekah? Berikut penjelasannya. Yuk, simak!

Keutamaan Sedekah Subuh

Meskipun pada dasarnya sedekah itu baik dilaksanakan kapanpun, tapi  waktu subuh dapat dikategorikan sebagai golden time atau waktu paling utama untuk bersedekah. Subuh menjadi momen paling istimewa untuk bersedekah karena saat subuh malaikat akan turun dari langit dan mendoakan kebaikan untuk orang yang menunaikan sedekah. Sebaliknya, orang yang tidak menunaikan sedekah subuh padahal ia mampu akan didoakan hal buruk oleh malaikat karena telah melalaikan kewajibannya untuk bersedekah. Hal itu dijelaskan dalam sebuah hadist yang berbunyi:

Tidak ada satu subuh-pun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu di antara keduanya berdoa: Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfak, sedangkan yang satu lagi berdoa: Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan (hartanya).(HR. Bukhari dan Muslim).

Kata ‘ganti’ dalam hadist tersebut tak semata-mata merujuk pada sejumlah uang, tapi bisa juga jadi kebaikan lainnya seperti terkabulnya doa dan hajat, dilancarkan segala urusan, dan kebaikan lainnya. Doa malaikat adalah doa yang lebih mudah diijabah oleh Allah SWT karena malaikat lahir tanpa hawa nafsu dan terhindar dari maksiat. Oleh karenanya, didoakan oleh malaikat adalah salah satu kebaikan yang menjadi keutamaan sedekah subuh.

Keutamaan Sedekah di Hari Jumat

Waktu mustajab lainnya untuk bersedekah adalah pada hari Jumat. Seperti yang kita ketahui dalam agama Islam, Hari Jumat menjadi hari paling istimewa. Oleh karenanya, Rasulullah SAW meminta umat muslim untuk memperbanyak ibadah di hari Jumat. Salah satu ibadah yang dapat kita amalkan di antaranya adalah sedekah. Hal tersebut sejalan dengan beberapa hal yang diperintahkan di hari dan malam Jumat dalam kitab al-Umm, Imam al-Syafi’i yang salah satunya merupakan sedekah.

بَلَغَنَا عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ أَبِي أَوْفَى أَنَّ رَسُولَ اللهِ – صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أَكْثِرُوا الصَّلَاةَ عَلَيَّ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فَإِنِّي أُبَلَّغُ وَأَسْمَعُ قَالَ وَيُضَعَّفُ فِيهِ الصَّدَقَةُ

“Telah sampai kepadaku dari Abdillah bin Abi Aufa bahwa Rasulullah bersabda, ‘Perbanyaklah membaca shalawat kepadaku di hari Jumat sesungguhnya shalawat itu tersampaikan dan aku dengar’. Nabi bersabda, ‘Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan’.” (Imam al-Syafi’i, al-Umm, juz 1, hal. 239).

Wah, luar biasa ya ternyata sedekah yang kita tunaikan di hari Jumat itu pahalanya dilipatgandakan dari hari-hari biasanya. 

Keutamaan Sedekah Subuh di Hari Jumat

Di atas kita telah mengulas mengenai keutamaan sedekah subuh dan sedekah di Hari Jumat. Sedekah yang dilakukan di dua waktu mustajab tersebut rupanya dapat membawa banyak kebaikan pada kita. Maka bisa kita bayangkan bagaimana dahsyatnya keutamaan sedekah subuh yang dilakukan di hari Jumat. Mulai dari didoakan hal baik oleh malaikat hingga mendapatkan pahala yang berlipat ganda, masyaAllah.

Tak hanya itu, orang-orang yang senantiasa bersedekah juga akan didekatkan dengan pertolongan Allah karena telah menolong dan meringankan kesulitan orang lain lewat sedekahnya. Sebagaimana firman Allah dalam QS. Al-Hajj ayat 34-35 yang berbunyi:

“Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah), (yaitu) orang-orang yang apabila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, orang-orang yang sabar terhadap apa yang menimpa mereka, orang-orang yang mendirikan sembahyang dan orang-orang yang menafkahkan sebagian dari apa yang telah Kami beri rezeki kepada mereka.” (QS. Al-Hajj ayat 34-35)

Namun begitu, tentu saja keutamaan tersebut hanya bisa kamu dapatkan jika sedekah dilakukan dengan ikhlas dan tepat sasaran. Mencari orang yang berhak tidak sulit kok. Kita bisa mulai dengan bersedekah kepada keluarga, saudara dan orang-orang sekitarmu ataupun menargetkan penerima manfaat dari kalangan dhuafa yang ada di lembaga sosial terpercaya. Apalagi di era digital seperti sekarang, sedekah dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Jadi, tidak ada alasan lagi bagi kita untuk tidak bersedekah.

Bagaimana? Setelah membaca artikel di atas jadi lebih semangat tunaikan sedekah subuh di hari Jumat kan? Jangan lupa untuk tunaikan sedekah subuh terbaikmu di hari Jumat yang akan datang, ya!

Referensi:

https://kumparan.com/hijab-lifestyle/5-dahsyatnya-keutamaan-sedekah-subuh-1wnoCIsQekp/4?ref=register
https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6086677/keutamaan-sedekah-hari-jumat-tercatat-dalam-al-quran-dan-hadits#:~:text=Nabi%20bersabda%2C%20’Dan%20di%20hari,239
https://www.suaramerdeka.com/religi/pr-043321869/ini-hadits-shahih-tentang-keutamaan-sedekah-di-hari-jumat-bahkan-allah-memuji-orang-tersebut
https://www.merdeka.com/jateng/manfaat-sedekah-di-hari-jumat-berikan-pahala-lebih-besar-dan-berlipat-ganda-kln.html