Inspiratif

Keutamaan dan Dalil Alquran Tentang Sholat Tahajud

Sholat Tahajud

Tetangga Baik, akhir-akhir ini sering terdengar kalimat “mengejarmu lewat sepertiga malam” atau “berdoa di sepertiga malam”. Mungkin, banyak Tetangga Baik yang bertanya-tanya apa maksud dari “sepertiga malam” ini? Istilah “sepertiga malam” ini menjurus kepada salah satu ibadah sholat sunnah yang banyak dilakukan oleh umat muslim, yaitu sholat tahajud.

Sholat tahajud diberikan istilah “sepertiga malam” karena memang waktu pengerjaannya dilakukan pada malam hari hingga menjelang subuh. Banyak umat muslim yang mengejar sholat sunnah ini karena memang pada waktu ini banyak malaikat yang turun, sehingga doa-doa dapat diijabah. Ternyata, sholat tahajud memiliki banyak keutamaannya dan disebutkan dalam beberapa ayat dalam Al-Quran dan Hadist.

Lalu, Apa Saja Sih Keutamaan Sholat Tahajud?

Sholat tahajud meskipun bukan termasuk dalam ibadah wajib, tetapi ia termasuk ibadah sunnah yang sangat dianjurkan. Sebagaimana disebutkan dalam hadist dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu yaitu,

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sebaik-baik puasa setelah puasa Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah Muharram. Sebaik-baik sholat setelah shalat wajib adalah shalat malam.”
(HR. Muslim).

Umat muslim yang melaksanakan sholat tahajud secara istiqomah insyAllah akan mendapatkan banyak manfaat serta keberkahan dari Allah SWT. Berikut keutaman salat tahajud yang wajib Tetangga Baik ketahui:

Baca Juga: Kapan Batas Waktu Dilarangnya untuk Shalat Dhuha

1. Diangkat Derajatnya sebagai Seorang Mukmin

Keutamaan shalat tahajud yang pertama adalah diangkat derajatnya oleh Allah SWT sebagai seorang Hamba/mukmin yang bertakwa. Hal ini juga disebutkan dalam QS. Al-Isra ayat 79, yang berbunyi:

“Dan pada sebagian malam hari, bertahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji,” (QS Al-Isra’: 79).

2. Jiwa Terisi dan Merasa Damai

Selain diangkat derajatnya oleh Allah SWT, sholat tahajud juga memiliki keutamaan lainnya yaitu terisinya jiwa, serta merasa damai. Hati merasa jauh lebih tenang, serta diri dijauhkan dari hal-hal mudharat yang sia-sia.

Hal ini pun tertuang dalam QS. Al-Muzammil ayat 1-6 yang berbunyi:

“Hai orang yang berselimut (Muhammad), bangunlah (untuk salat) pada malam hari, kecuali sebagian kecil, (yaitu) seperduanya atau kurangilah dari seperdua itu, dan bacalah Al-Qur’an itu dengan perlahan-lahan. Sesungguhnya, kami akan menurunkan perkataan yang berat kepadamu. Sesungguhnya, bangun malam itu lebih kuat (mengisi jiwa) dan bacaan pada waktu itu lebih berkesan.” (Q.S Al-Muzammil : 1-6)

Wah, di era yang serba hectic ini, salah satu jalan keluarnya memang harus lewat salat tahajud ya, karena kita bisa merasa jauh lebih tenang.

3. Termasuk Golongan Orang yang Lurus

Tetangga Baik, sebagai umat muslim tentu kita ingin dimasukkan ke dalam golongan orang-orang yang lurus. Namun, kenyataannya menjadi bagian dari golongan tersebut sangat sulit sekali.

Ternyata, salah satu cara yang bisa membawa kita ke dalam golongan orang yang lurus adalah lewat salat tahajud. Tentu saja ini menjadi keutamaan lainnya dari salat tahajud yang sangat besar bagi umat muslim. 

Baca Juga : 5 Tips Aman Berdonasi Online Agar Tepat Sasaran

Adapun bunyinya dari ayat yang menerangkan hal di atas adalah sebagai berikut.

“Di antara Ahli Kitab ada golongan yang berlaku lurus. Mereka membaca ayat-ayat Allah pada malam hari dan mereka juga bersujud (shalat). Mereka beriman kepada Allah dan Hari Akhir. Mereka mengajak pada kebaikan dan mencegah dari kemunkaran, dan bersegera (mengerjakan) kebajikan Mereka termasuk orang-orang saleh. Dan kebajikan apapun yang mereka kerjakan, tidak ada yang mengingkari. Dan Allah Maha mengetahui orang-orang yang bertakwa.” (Q.S Ali Imran : 113-115)

4. Dikabulkan Doa & Hajatnya

Nah, ini yang sering terdengar oleh telinga kita, “mengejar cintanya lewat sepertiga malam”. Istilah ini semakin nge-trend sejak salah satu pasangan artis menikah dari taaruf. Alkisah, sang pria mengejar cinta sang wanita lewat doa-doanya di salat sepertiga malam. Romantis banget deh.

Tetangga Baik, sholat tahajud memang dikenal keampuhannya dalam mengijabah doa-doa kita, sehingga tidak jarang umat muslim yang sedang mengejar hajatnya melakukan amalan lewat sholat tahajud.

Hal ini juga disebutkan dalam salah satu hadist yang berbunyi:

“Sesungguhnya di dalam malam terdapat waktu yang jika ada seorang muslim meminta kepada Allah dengan kebaikan baik urusan dunia maupun akhirat, pasti Allah akan memberikannya. Dan waktu tersebut adalah sepanjang malam.” (HR Muslim)

Wah, MasyaAllah ya, Tetangga Baik. Begitu besarnya nikmat dan keutamaan yang didapatkan ketika kita mengerjakan salat tahajud ini.

Baca Juga: Dalil dan Keutamaan Shalat Dhuha Menurut Hadits

Tunaikan Zakat, Bantu Sejahterakan Lansia Dhuafa Prasejahtera

Tetangga Baik, untuk memperkuat amalan ibadah kita, sekarang Tetangga Baik juga bisa loh mulai berzakat melalui bantutetangga.com dengan cara klik di sini. Semoga amalan dan ibadah kita mampu membawa kita semakin tinggi derajatnya, menjadi hamba yang lebih bersyukur, serta semakin didekatkan dengan Allah swt dan para Nabi dan Rasul-Nya. Aamiin.

Referensi :
https://www.merdeka.com/trending/keutamaan-shalat-tahajud-sesuai-alquran-amp-hadis-lengkap-disertai-tata-caranya-kln.html
https://www.merdeka.com/jabar/tahajud-artinya-salat-di-sepertiga-malam-berikut-dalil-anjurannya-kln.html
https://kumparan.com/berita-terkini/keutamaan-sholat-tahajud-dan-dalil-lengkapnya-1vEsBH15WBe/full
https://almanhaj.or.id/3499-keutamaan-shalat-malam-dan-anjurannya.html